FITNESS & HEALTH

Kandungan pada Nanas yang Bermanfaat untuk Asam Urat

Raka Lestari
Kamis 08 Oktober 2020 / 07:00
Jakarta: Asam urat disebabkan oleh penumpukan di tubuh, yang dapat menyebabkan terbentuknya kristal-kristal kecil di persendian.

Tubuh secara alami memproduksi asam urat, tetapi akan memproduksi lebih banyak jika kira mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung zat kimia yang disebut purin.

Untuk mengatasinya, beberapa orang menyebutkan bahwa mengonsumsi jus nanas dapat mengurangi gejala asam urat. Hal ini karena nanas mengandung vitamin, enzim, dan antioksidan yang dapat berguna untuk kesehatan.

Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah senyawa dan nutrisi yang dapat mengurangi gejala asam urat yang terdapat pada nanas:
 

1. Bromelain 



Nanas mengandung enzim yang disebut bromelain, yang terkenal dapat mengurangi inflamasi dan melancarkan pencernaan. Meskipun belum ada studi yang secara langsung menghubungkan bromelain dengan asam urat, beberapa penelitian menunjukkan bahw suplemen mengandung bromelain dapat mengurangi gejala inflamai dari asam urat.
 

2. Serat 



Nanas kaya akan kandungan serat, nutrisi yang dapat membantu saluran pencernaan kita tetap sehat. Makanan yang kaya akan serat biasanya dapat ditemukan pada berbagai jenis tumbuh-tumbuhan dan rendah kandungan purin. Hal ini dapat membantu pasien asam urat tidak mengalami kekambuhan asam urat.
 

3. Folat



Satu cangkir atau sekitar 165 gram potongan nanas dapat memenuhi hampir tujuh persen dari kebutuhan tubuh akan folat. Meskipun belum ada bukti yang resmi, tetapi beberapa studi menemukan bahwa folat dapat memecah protein yang disebut homosistein, yang sering ditemukan dalam kadar yang tinggi pada pasien asam urat.
 

4. Vitamin C



Menurut Mayo Clinic, suplemen yang mengandung vitamin C dapat mengurangi level asam urat pada tubuh. Mengonsumsi vitamin C juga dapat mencegah mengalami asam urat. Berdasarkan studi yang dilakukan pada tahun 2009, menemukan bahwa partisipan yang mengonsumsi vitamin C cenderung tidak mengembangkan penyakit asam urat di kemudian hari.

(TIN)