FITNESS & HEALTH

Berapa Sering Sebaiknya Bersihkan Yoga Mat?

Raka Lestari
Rabu 31 Maret 2021 / 13:52
Jakarta: Yoga mat atau matras yoga biasa digunakan ketika sedang melakukan olahraga yoga atau olahraga di lantai. Namun, apakah kamu ingat kapan terakhir kali kamu membersihkannya? Jika tidak ingat, mungkin sudah saatnya kamu membersihkannya sekarang.

Membersihkan matras yoga sangat penting karena ada banyak keringat, kotoran, dan minyak yang menumpuk ketika kamu berolahraga di atas matras yoga yang membuatnya dipenuhi dengan kuman dan bakteri.

Lebih buruk lagi, kuman ini dapat meningkat setiap hari, sehingga pembersihan yang benar penting untuk kesehatanmu, terutama jika kamu kebetulan memiliki luka kecil atau luka di kulit yang bersentuhan dengan permukaan matras yoga tersebut.

Pendiri dan instruktur YogaSpark, Lauren Porat menjelaskan, “Aturannya adalah, semakin banyak keringat atau kotoran yang terdapat pada matras yoga maka semakin penting kamu harus membersihkannya setiap habis digunakan untuk berolahraga,” ujarnya.

Memang sangat menggoda untuk langsung menutup matras dan langsung beristirahat, ketika kamu selesai berolahraga.  

Namun, itu merupakan kebiasaan yang tidak baik. Entah itu kamu habis menggunakannya di rumah atau kelas yoga, tetap ada kemungkinan bakteri atau kuman yang menempel sehingga kamu perlu membersihkannya.

Meskipun membersihkan matras yoga menambah sedikit waktu ekstra untuk rutinitas pasca-latihan, ada baiknya untuk memastikan permukaannya tetap bebas kotoran. 

Menurut Yoga Journal, secara umum kamu harus membersihkan matras yoga setiap satu atau dua kali pemakaian tergantung pada seberapa banyak keringat dan kotoran yang menempel.

Untuk membersihkannya, kamu bisa membeli pembersih yang dibuat khusus untuk matras yoga di pasaran, atau dapat membuatnya sendiri dan dimasukkan ke dalam botol semprot. 

Untuk membuat pembersih matras yoga, Women’s Health menyarankan untuk mencampur air dan cuka dengan perbandingan yang sama. Dan jangan lupa menambahkan tea tree oil untuk pewangi tambahan.

Lauren Porat juga mengatakan bahwa cara mudah untuk membersihkan matras yoga dari kuman adalah dengan menaruhnya di bak mandi atau pancuran dan mencucinya dengan sedikit sabun lembut dan air, biarkan mengering lalu gulung.

(TIN)