FITNESS & HEALTH

Bike For Hope, Gerakan Sepeda Virtual untuk Bantu Pekerja Film

Sandra Odilifia
Rabu 21 Oktober 2020 / 13:00
Jakarta: Di masa pandemi, tren olahraga sepeda kembali digemari masyarakat kota. Dan peluang ini dimanfaatkan oleh Wulan Guritno bersama teman-temannya dari gerakan solidaritas Gelang Harapan, untuk menggelar kegiatan sepeda virtual sambil donasi bertajuk 'Bike for Hope'.

"Saat ini orang beramai-ramai ingin menjaga dirinya masing-masing, salah satunya dengan berolahraga. Dan kita melihat adanya antusiasme sepeda, jadi ya kita gunakan momen ini juga untuk membantu sesama," kata Wulan Guritno, aktris yang juga menjadi salah satu founder Gelang Harapan.

Tujuan utama dari kegiatan Bike for Hope adalah mengumpulkan donasi untuk pekerja seni yang terkena dampak covid-19, khususnya pekerja di bidang industri perfilman.

Selain itu, kegiatan ini juga diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Amal Sedunia dan memperingati enam tahun gerakan Gelang Harapan pada 10 Oktober lalu.

Ajang gowes sambil beramal ini akan berlangsung dari tanggal 24 Oktober hingga 30 November 2020.

Melalui Bike for Hope, Gelang Harapan mengajak masyarakat untuk tetap sehat secara fisik dengan berolahraga dan juga sehat secara mental dengan berempati kepada masyarakat yang terdampak covid-19.


bike for hope
(Wulan Guritno founder Gelang Harapan mengadakan kegiatan Bike for Hope untuk membantu para pekerja film yang terdampak covid-19. Foto: Dok. Bike for Hope)
 

Cara registrasi dan berdonasi


Untuk berpartisipasi dalam kegiatan Bike for Hope, para peserta wajib melakukan pendaftaran dan pembayaran di platform Townscript yang disediakan oleh BookMyShow.

Setelah mendaftar, otomatis kamu sudah ikut berdonasi dan dapat memilih kategori race, yaitu 42K, 75K, atau 100K.

"Dengan melakukan registrasi, itu otomatis sudah menyumbang. Dan apabila ingin menyumbang lebih, sesuai dengan kekuatan biking nya, itu bisa nambah langsung dari aplikasi tersebut," ujar Jannah Soekasah Joesoef, salah satu pendiri Gelang Harapan.

Kemudian, ada tiga kategori biaya pendaftaran Bike for Hope, yang perlu kamu ketahui, yakni Super Early Bird, Early Bird, dan Normal.

Peserta juga dapat berdonasi secara live saat Live Instagram yang akan diadakan setiap minggunya selama kegiatan Bike for Hope berlangsung yaitu sampai 30 November mendatang.

Live Instagram akan dilakukan pada jam 17.00 –18.00 setiap weekend dan jam 19.00–20.00 setiap weekday di Instagram gelangharapan, wulanguritno, dan Bookmyshowid.

Seluruh sumbangan yang terkumpul akan disalurkan melalui Festival Film Indonesia (FFI) pada malam nominasi dan di serahkan langsung secara simbolis kepada kru film yang terdampak pandemi covid-19.


(TIN)