FITNESS & HEALTH

5 Tips Diet Aman dan Sehat bagi Para Remaja

Raka Lestari
Selasa 17 November 2020 / 11:36
Jakarta: Salah satu cara untuk menurunkan berat badan adalah dengan melakukan diet. Akan tetapi, banyak orang terutama para remaja yang melakukan diet yang salah. Diet yang tidak sesuai tersebut bukannya membuat badan menjadi lebih sehat, justru yang terjadi bisa sebaliknya.

Untuk mengetahui diet yang aman dan mudah dilakukan bagi remaja, dilansir dari Healthline berikut ini adalah caranya:
 

Hindari minuman manis 


Salah satu cara yang mungkin paling mudah untuk menurunkan berat badan adalah dengan menghindari minuman dengan pemanis buatan. Soda, teh manis, jus kemasan, dan minuman manis lainnya seringkali ditambahkan dengan pemanis tambahan. Studi menunjukkan bahwa minuman tinggi gula dapat menambah berat badan sekaligus meningkatkan risiko kesehatan tertentu seperti diabtes tipe 2, jerawat, dan gigi berlubang.
 

Melakukan aktivitas fisik 


Kamu tidak perlu ikut member gym untuk bisa tetap aktif secara fisik. Sesederhana mengurangi kebiasaan duduk dan bergerak lebih banyak merupakan cara yang baik untuk menghilangkan kelebihan lemak. Meningkatkan aktivitas fisik secara keseluruhan juga dapat meningkatkan massa otot, yang dapat membantu tubuh membakar kalori lebih efisien.
 

Isi tubuh dengan makanan bernutrisi 


Daripada fosuk menghitung jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh, cobalah untuk memilih makanan yang kaya akan nutrisi seperti vitamin, mineral, dan serat. Hal itu karena remaja masih berada dalam masa pertumbuhan, sehingga mereka membutuhkan nutrisi tertentu seperti fosfor dan kalsium dibandingkan orang dewasa.
 

Tidak perlu menghindari lemak


Karena tubuh remaja masih tumbuh, anak-anak dan remaja membutuhkan lemak lebih banyak daripada orang dewasa. Ketika mencoba untuk menurunkan berat badan, sangat mungkin untuk menghilangkan asupan lemak untuk mengurangi kalori. Akan tetapi, menghilangkan asupan lemak terlalu berlebihan dapat memberikan efek negatif pada pertumbuhan dan perkembangan.
 

Mengonsumsi sayuran 


Sayuran mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan serat. Sayuran juga mengandung senyawa kuat yang disebut dengan antioksidan. Antioksidan berguna untuk melindungi sel dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan. Sayuran juga kaya serat dan air, yang dapat membuat kamu merasa lebih kenyang setelah makan.
(YDH)