FITNESS & HEALTH

5 Hal Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Mental selama Pandemi

Gervin Nathaniel Purba
Rabu 18 November 2020 / 07:04
Jakarta: Setelah berbulan-bulan di rumah akibat pandemi covid-19, rasa jenuh mulai muncul. Setiap hari menjalani suasana yang monoton dapat memengaruhi kondisi fisik dan mental.

Anda dapat melakukan beberapa hal sederhana untuk menciptakan suasana menyenangkan di rumah. Hal kecil yang menginspirasi dapat sangat membantu dalam menjaga kesehatan mental, emosional, dan fisik. Berikut ini tipsnya.


1. Kreativitas dengan Warna


Dikutip Times of India, terapi warna bisa membantu memerbaiki suasana hati. Anda dapat memanfaatkan kanvas, atau dinding kosong. Dinding kosong bisa menjadi kanvas untuk apa saja. Lukisan, beberapa rak, atau mungkin hanya tempelan kertas warna yang menyenangkan.

Penelitian menunjukkan bahwa warna berperan dalam memengaruhi suasana hati. Misalnya, biru bersifat menenangkan. Kuning bisa menyegarkan.


2. Ubah Dekorasi Ruangan


Perubahan ruangan tidak harus besar. Menata ulang furnitur dapat memberikan perspektif baru di dalam ruangan.

Tambahkan tanaman hias sederhana, dekorasi meja, atau cermin untuk menciptakan aura positif. Membeli furnitur baru yang nyaman juga bisa memperbaiki suasana hati menjadi lebih bahagia.


3. Berdamai dengan Diri Sendiri


Hidup tak semulus jalan tol. Ada kalanya kita mengalami hari yang buruk. Hari buruk bisa saja datang setelah kita menjalani hari baik. Ketika hari itu tiba, jangan menyalahkan diri sendiri atas hari-hari buruk, dan jangan putus asa. Cobalah ikhlas dan berdamailah dengan diri sendiri.


4. Jalani Hobi Baru


Mungkin Anda sudah melakukan berbagai macam hobi selama masa pandemi untuk mengusir jenuh. Sekarang, saatnya menemukan hobi baru di sela-sela kesibukan. Inspirasi bisa ditemukan dari mana saja. Misalnya,  YouTube, Instagram, atau dari serial film yang Anda tonton.

Selain itu, melawan kejenuhan bisa juga dengan melakukan suatu kegiatan yang pernah dilakukan saat masa sekolah. Misalnya, membaca buku masa kecil yang pernah jadi favorit.


5. Pisahkan Ruang Bekerja dan Bersantai


Meskipun nyaman untuk melakukan semua pekerjaan dalam satu ruangan yang berantakan, lambat laun hal itu akan berdampak terhadap kesehatan mental.

Bagi Anda yang masih menyatukan ruang kerja dengan kamar tidur, sebaiknya segera dipisahkan untuk menemukan nuansa baru. Tubuh juga dapat membedakan antara bekerja dan bersantai.

Siapkan juga ruangan khusus untuk bersantai. Misalnya dengan menyiapkan sudut baca yang nyaman, dengan furnitur yang nyaman.

Selain menjaga kesehatan mental, ingat untuk selalu menaati protokol kesehatan agar terhindar dari penularan covid-19.

Pada masa pandemi ini, pemerintah melalui #satgascovid19 tidak bosan mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangan dan #cucitanganpakaisabun.

(ROS)