FITNESS & HEALTH

4 Efek Samping Konsumsi Vitamin D Secara Berlebihan

Raka Lestari
Selasa 12 Oktober 2021 / 16:00
Jakarta: Vitamin D sangat penting untuk kesehatan. Karena vitamin ini memainkan beberapa peran dalam menjaga sel-sel tubuh agar tetap sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya. 

Kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup vitamin D, sehingga mengonsumsi suplemen vitamin D sering menjadi pilihan. Namun, jika kamu mengonsumsi berlebihan, vitamin  dapat menumpuk dan mencapai tingkat racun dalam tubuh. Meskipun memang ini jarang terjadi.

Dilansir dari Healthline, berikut ini efek yang terjadi jika mengonsumsi vitamin D secara berlebihan:  

 

Mual, muntah dan kehilangan nafsu makan

Efek samping dari terlalu banyak vitamin D berhubungan dengan kelebihan kalsium dalam darah. Termasuk mual, muntah, dan nafsu makan yang buruk. Namun, gejala ini tidak terjadi pada semua orang dengan kadar kalsium tinggi. 

Pada beberapa orang, terapi vitamin D dosis tinggi telah ditemukan menyebabkan mual, muntah, dan kurang nafsu makan karena kadar kalsium darah tinggi.

 

Sakit perut, konstipasi dan diare

Sakit perut, sembelit, dan diare adalah keluhan pencernaan umum yang sering dikaitkan dengan intoleransi makanan atau sindrom iritasi usus besar. Namun, mereka juga bisa menjadi tanda peningkatan kadar kalsium yang disebabkan oleh keracunan vitamin D.

Gejala-gejala ini dapat terjadi pada mereka yang menerima vitamin D dosis tinggi untuk memperbaiki kekurangan vitamin D. Seperti gejala lainnya, respons ini tampaknya bersifat individual bahkan ketika kadar vitamin D dalam darah juga meningkat.



(Sakit perut, sembelit, dan diare bisa menjadi tanda peningkatan kadar kalsium yang disebabkan oleh keracunan vitamin D. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Pengeroposan tulang

Karena vitamin D memainkan peran penting dalam penyerapan kalsium dan metabolisme tulang, mendapatkannya dalam jumlah cukup sangat penting untuk menjaga tulang yang kuat. Namun, terlalu banyak vitamin D juga dapat merusak kesehatan tulang.

Meskipun, banyak gejala kelebihan vitamin D dikaitkan dengan kadar kalsium darah yang tinggi, beberapa peneliti menyarankan bahwa dosis besar dapat menyebabkan rendahnya kadar vitamin K2 dalam darah.

Untuk melindungi dari pengeroposan tulang, hindari mengonsumsi suplemen vitamin D secara berlebihan dan mengonsumsi suplemen vitamin K2. Sebaikya, konsumsi makanan yang kaya vitamin K2, seperti susu dan daging yang diberi makan rumput.

 

Gagal ginjal

Terlalu banyak vitamin D dapat menyebabkan gagal ginjal pada orang dengan ginjal yang sehat, serta mereka yang sudah memiliki gangguan ginjal sebelumnya. Gagal ginjal diobati dengan hidrasi oral atau intravena dan obat-obatan.
(yyy)