FITNESS & HEALTH

Manfaat Sauna untuk Kesehatan dan Mempercepat Pemulihan

Raka Lestari
Sabtu 16 Oktober 2021 / 14:07
Jakarta: Sauna terkenal karena kemampuannya untuk membantu tubuh rileks dan menghilangkan stres. Sauna juga dapat mengendurkan ketegangan otot dan menenangkan pikiran.

Namun, ada banyak manfaat potensial lainnya dari sauna bagi mereka yang aktif. Termasuk meningkatkan pemulihan latihan, mengurangi rasa sakit, membantu tidur, dan banyak lagi.

Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya:
 

1. Membantu pemulihan otot


"Ketika seseorang berolahraga dengan penuh semangat, robekan kecil dapat terbentuk di otot mereka," kata Dr Gbolahan Okubadejo, MD, FAAOS, seorang ahli bedah tulang belakang dan ortopedi di New York.

"Setelah sembuh, otot tumbuh dan menjadi lebih kuat. Panas dari sauna meningkatkan sirkulasi darah ke otot yang robek dan membantu mereka memperbaiki diri lebih cepat," sambungnya.
 

2. Mengurangi nyeri punggung


Sauna adalah tambahan rutinitas yang bagus jika mengalami nyeri punggung bawah. Panas dari sauna menembus otot dan ligamen di punggung bawah dan membuka pembuluh darah.

"Akibatnya, darah dapat bersirkulasi dengan lebih baik ke seluruh tubuh dan membantu mengendurkan otot dari rasa tegang dan tegang. Hal ini untuk sementara dapat meredakan nyeri punggung bawah dan memungkinkan orang untuk bergerak lebih bebas," kata Okubadejo.
 

3. Relaksasi


"Panas dan kurangnya gangguan di sauna dapat membantu mereka yang cemas dan stres merasa jauh lebih tenang," kata Okubadejo.

Duduk di sauna selama sekitar 10-15 menit telah terbukti menghilangkan stres dan meningkatkan kesejahteraan mental seseorang. Cobalah bermeditasi atau fokus pada kesadaran diri selama sesi sauna untuk meningkatkan manfaatnya.
 

4. Meningkatkan sirkulasi


Sauna dapat meningkatkan sirkulasi, yang memiliki banyak manfaat. Peningkatan sirkulasi membantu nyeri sendi, mobilitas, dan radang sendi. Ketika otot menerima peningkatan kadar oksigen, mereka dapat memperbaiki diri dengan lebih baik, dan tubuh dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.
 

5. Mendukung sistem limfatik


Skylar Buchanan, ahli gizi fungsional dan spesialis kesehatan usus dan hormon wanita menyebutkan bahwa dengan menaikkan suhu inti tubuh dan mendorong tubuh untuk berkeringat, dapat mendukung upaya tubuh untuk membersihkan diri dari racun dan patogen yang bersembunyi di kelenjar getah bening.
(FIR)