FITNESS & HEALTH

Rajin Bersepeda Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Kumara Anggita
Kamis 22 Juli 2021 / 18:05
Jakarta: Bersepeda menjadi olahraga yang populer sekaligus menyehatkan. Penelitian menunjukkan bahwa olahraga ini bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Dikutip dari WebMD, studi menemukan bahwa orang yang bersepeda ke tempat kerja atau bersepeda secara teratur untuk bersenang-senang lebih kecil kemungkinannya untuk terkena penyakit diabetes tipe 2. Aktivitas ini bahkan juga berlaku pada mereka yang baru mulai bersepeda di usia lanjut.

"Karena bersepeda adalah kegiatan yang dapat dimasukkan dalam kegiatan sehari-hari, ini mungkin menarik bagi sebagian besar populasi. Ini termasuk orang-orang yang memiliki waktu terbatas, tidak memiliki sumber daya untuk terlibat dalam aktivitas fisik," kata pemimpin studi Martin Rasmussen, dari Universitas Denmark Selatan.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 50.000 laki-laki dan perempuan Denmark. Mereka berusia antara 50 dan 65 tahun.

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang bersepeda secara rutin lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan diabetes tipe 2. Studi menunjukkan bahwa semakin banyak waktu yang dihabiskan peserta untuk bersepeda, semakin rendah risiko diabetes tipe 2.

Setelah jangka waktu lima tahun, kebiasaan bersepeda para peserta dinilai kembali. Mereka yang mulai bersepeda secara teratur memiliki risiko 20 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang tidak rutin bersepeda. Temuan ini dipublikasikan di jurnal PLOS Medicine.

Penulis penelitian mengatakan temuan mereka ini menarik karena ternyata kegiatan ini juga bermanfaat bagi mereka yang lanjut usia. Bahkan ketika memasuki usia lanjut, tidak ada kata terlambat bersepeda untuk menurunkan risiko penyakit kronis.
(FIR)