FITNESS & HEALTH

7 Langkah Bijak Membuang Masker

Kumara Anggita
Kamis 22 Juli 2021 / 08:15
Jakarta: Pandemi covid-19 tidak hanya mengganggu masalah kesehatan kita namun juga lingkungan. Salah satunya masalah sampah baru yang berbahaya bagi manusia maupun hewan.

Kamu bisa melakukan upaya sederhana untuk lingkungan dengan mengetahui dan menerapkan cara buang masker yang aman. Berikut beberapa tips yang sempat dibagikan oleh The Body Shop:
 

1. Kumpulkan dan pilah limbah medis sekali pakai


Kamu bisa meletakkan di ember, kotak, kardus untuk menampung satu jenis limbah seperti masker. Pastikan kamu memisahkannya dengan sampah rumah tangga ya!
 

2. Desinfeksi


Desinfeksi menggunakan disinfektan atau cairan pemutih. Tentunya kamu tidak mau partikel-partikel berbahaya di masker menyebar lagi ke tempat lain saat kamu buang.
 

3. Jemur


Usai mendesifeksi masker tersebut, lalu kamu menjemur masker hingga kering.
 

4. Rusak tali masker


Kamu lalu bisa menggunting tali masker dan sobek bagian tengahnya agar masker ini tidak bisa digunakan lagi. Tentunya kamu juga tak mau kan melihat tali masker ini secara tak sengaja termakan burung atau penyu, sehingga mereka menderita tidak bisa bernapas. Lalu masukkan ke kantong khusus lalu diikat rapat.
 

5. Buat label limbah infeksius


Kamu bisa menulis label limbah infeksius pasien covid-19 agar petugas yang mengambilnya lebih hati-hati.
 

6. Hubungi fasilitas yang menampung limbah ini


Hubungi rumah sakit terdekat yang memiliki fasilitas pengolahan limbah infeksius. Mereka tahu cara mengolah sampah seperti ini dengan lebih aman. Jika tidak ada, sediakan tempat sampah khusus di depan rumah.
 

7. Cuci tangan


Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Pastikan kamu mencuci tangannya dengan benar ya!
(FIR)