FITNESS & HEALTH

Bukan Sekadar Minuman Hangat, Ini Manfaat Air Jahe untuk Tubuh

Muhammad Syahrul Ramadhan
Kamis 02 Desember 2021 / 14:14
Jakarta: Musim hujan memang paling cocok mengonsumsi minuman hangat, salah satunya air rebusan jahe. Selain bikin tubuh hangat, tanaman rimpang ini juga mempunyai banyak manfaat untuk tubuh.

Jahe atau Zingiber officinale sudah terkenal sebagai rempah yang digunakan untuk bumbu masakan atau jamu. Selain itu, air rebusan jahe juga bisa mengatasi berbagai keluhan kesehatan.

Menurut Christy Brissette, MS, RD, dari 80 Twenty Nutrition, kepada Elite Daily, jahe memiliki efek antibakteri yang kuat. Hal mungkin berguna untuk meredakan gejala pilek dan flu.


(Manfaat jahe Foto: Pexels)

Sementara itu, sebuah studi yang diterbitkan dalam The Journal of Pain, jurnal resmi American Pain Society, menguji efek dari mengonsumsi jahe, baik secara mentah atau yang sudah diolah selama 11 hari. Hasilnya menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe secara rutin dapat mengurangi sakit pada otot setelah berolahraga.

Manfaat minum air rebusan jahe

1. Mengatasi nyeri otot dan sendi

Dikutip dari Healthline, kandungan anti peradangan pada jahe mampu melawan nyeri sendi atau otot setelah melakukan olahraga.

2. Mengatasi mual

Air rebusan jahe sering digunakan sebagai penghilang mual dan pencegah mabuk laut.
Minum air jahe memiliki manfaat untuk meredakan mual dan muntah.

Dilansir dari Healthline, rasa mual yang setelah menjalani tindakan operasi atau menjalankan proses pengobatan kemoterapi dapat diatasi dengan mengonsumsi rebusan air jahe.

3. Mengendalikan kadar gula darah diabetes

Dikutip dari Hellosehat, sebuah penelitian dari Iran menunjukkan mengonsumsi air jahe dapat menurunkan gula dara puasa.

4. Dapat membantu menurunkan berat badan

Jahe dapat berperan dalam penurunan berat badan, menurut penelitian yang dilakukan pada manusia dan hewan. Sebuah studi pada 2016 terhadap 80 wanita dengan obesitas menemukan bahwa jahe juga dapat membantu menurunkan indeks massa tubuh (BMI) dan kadar insulin darah. Kadar insulin darah tinggi dikaitkan dengan obesitas.

5. Mencegah kanker

Sifat anti kanker dikaitkan dengan gingerol, yang ditemukan dalam jumlah besar pada jahe mentah.Ada beberapa bukti, meskipun terbatas, bahwa jahe mungkin efektif melawan kanker gastrointestinal lainnya seperti kanker pankreas dan kanker hati. Jahe juga mungkin efektif melawan kanker payudara dan kanker ovarium. Meskipun secara umum, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian.                                

 
(RUL)