FITNESS & HEALTH

Posisi Tidur Terbaik untuk Ringankan Batuk Gejala Covid-19

Mia Vale
Selasa 28 Juni 2022 / 10:05
Jakarta: Saat sakit tubuh akan merasa lelah luar biasa. Ini merupakan gejala umum dan respons tubuh alami untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan dan memberi tubuh waktu untuk pulih dan sembuh.

Sebut saja ketika kamu mengalami pilek atau batuk saat melawan covid-19. Tentu kenyamanan kala tidur akan tergaggu. 

Sebenarnya, ada posisi tidur khusus yang dapat membantu meringankan ketidaknyamanan dan membantu kesembuhan lebih cepat.

Tengkurap! Ya, menurut tinjauan penelitian baru-baru ini, posisi tengkurap memungkinkan perluasan yang lebih baik dari daerah punggung dan paru-paru, dan dapat meningkatkan pembuangan penumpukan cairan di paru-paru oleh tubuh. 

Ini pada akhirnya dapat menyebabkan peningkatan kadar oksigen, penyembuhan lebih cepat dan ketidaknyamanan yang lebih sedikit.

Seperti yang berhasil dilansir dari EatingWell posisi tengkurap bisa terlihat dalam beberapa cara berbeda, bergantung pada tipe tubuh. 



(Untuk dukungan maksimal, berbaring tengkurap dengan kepala di atas bantal menghadap ke satu sisi. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)


- Berbaring tengkurap dengan kepala (di atas bantal) menghadap ke satu sisi dan lengan terselip di bawah dada. Pun dapat membawa kedua lengan ke samping untuk kenyamanan bahu

- Berbaring tengkurap dengan kepala (di atas bantal) menghadap ke satu sisi. Tempatkan bantal tambahan di bawah pinggulmu untuk menopang panggul

- Berbaring tengkurap dengan kepala (di atas bantal) menghadap ke satu sisi. Tempatkan bantal tambahan di bawah perut atau dada bagian atas untuk menopang

- ?Berbaring tengkurap dengan kepala di atas bantal menghadap ke satu sisi. Tempatkan bantal tambahan di bawah tulang kering untuk meredakan paha belakang, mengurangi tekanan pada pergelangan kaki dan jari kaki

?Untuk dukungan maksimal, berbaring tengkurap dengan kepala di atas bantal menghadap ke satu sisi. Tempatkan bantal di bawah pinggul, perut, dan tulang kering dan ambil pilihan lengan sesuai pilihan.

Tidak peduli apa posisi tengkurap kamu, putar kepala ke arah yang berlawanan setiap 30 menit. Bisa juga menggunakan handuk lipat berbentuk tapal kuda untuk menahan kepala menghadap ke bawah, saat leher sakit menoleh ke satu sisi. 

(TIN)