FITNESS & HEALTH

Tren Kesehatan 2022: Mindfulness hingga Mood Diary

Raka Lestari
Rabu 29 Desember 2021 / 14:58
Jakarta: Tahun 2021 masih dibayang-bayangi dengan penyebaran Covid-19, yang bahkan muncul berbagai varian. Salah satunya adalah varian Omicron yang menjadi penyebab terjadinya peningkatan kasus di berbagai negara.

Meskipun demikian, mendekati tahun baru tentu banyak dari kita ingin mengetahui berbagai tren kesehatan apa saja yang akan meningkat pada 2022. Dan berikut ini adalah beberapa tren kesehatan yang mungkin akan menjadi tren di tahun depan:
 

1. Kesehatan usus


Dikutip dari Stylist, tren pencarian Google di tahun 2021 menemukan bahwa sebanyak 83 persen orang mencari tentang kesehatan usus. Mengenai hal tersebut, Dr Elizabeth Rogers direktur klinis di Bupa Health Clinics memperkirakan bahwa perhatian kepada kesehatan pencernaan akan mengalami peningkatan.

“Memprioritaskan kesehatan usus akan semakin populer. Kesehatan usus berkaitan dengan saluran pencernaan yang juga dikenal sebagai saluran gastrointestinal (GI) dan keseimbangan bakteri di usus,” kata Dr Rogers.
 

2. Gaya hidup ramah lingkungan


Menanggapi perubahan iklim dan lingkungan, Dr Rogers memperkirakan bahwa semakin banyak dari kita akan memperhatikan gaya hidup kita yang lebih ramah lingkungan. Lebih peduli terhadap lingkungan dan mengubahnya menjadi tindakan positif dapat mendukung kesejahteraan, dan juga bisa memberikan dampak positif bagi planet ini.
 

3. Mindfulness


Istilah ‘mindfulness’ mengalami lonjakan di Google tahun ini. Diperkirakan tren ini adalah yang diprediksi oleh Dr Rogers akan meningkat saat memasuki tahun 2022.

“Penelitian menunjukkan bahwa melakukan mindfulness digabungkan dengan olahraga dapat memiliki banyak manfaat, termasuk menurunkan risiko depresi, dan meningkatkan daya tahan tubuh,” ujarnya.
 

4. Menggunakan mood diary


Menurut Dr Rogers, tindakan sederhana seperti menggunakan jurnal untuk melihat emosi yang kamu rasakan akan mengalami peningkatan pada 2022. Menuliskan jurnal mengenai suasana hati menjadi semakin populer.

“Membuat jurnal suasana hati, atau jurnal emosi, bisa menjadi cara yang berguna untuk mengetahui akar dari perasaan negatif yang masih ada (dan meningkatkan perasaan positif),” jelas Dr Rogers.
 

5. Memerhatikan sistem imun


Dengan pandemi yang masih membayangi, terutama sejak adanya varian baru Omicron  menjaga pertahanan alami tubuh, tetap menjadi bagian penting dari kesehatan dan kebugaran kita pada tahun 2022

“Sistem kekebalan yang kuat bukanlah sesuatu yang bisa terjadi dalam semalam. Untuk mendapatkannya, kamu harus melakukan rutinitas sehat yang harus dilakukan selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan," pungkas Dr Rogers. 
(FIR)