FITNESS & HEALTH

Dr Fauci Konfirmasi Varian Covid-19 Baru akan Datang

Mia Vale
Selasa 19 April 2022 / 12:05
Jakarta: Masa depan pandemi covid-19 masih belum jelas, akankah berakhir atau masih ada lagi gelombang-gelombang selanjutnya? Namun, menurut Dr Anthony Fauci, kepala ilmuwan pandemi untuk Gedung Putih, kita harus tetap waspada dengan memperkirakan akan ada lebih banyak varian covid-19.

"Sangat sulit untuk mengatakan apa yang akan terjadi. Tapi akan ada varian baru," ujar Fauci seperti dilansir dari Deseret. Fauci menjelaskan bahwa lebih banyak varian covid-19 akan menyebabkan peningkatan kasus, yang dapat terjadi sepanjang tahun kapan saja. Faktanya, peningkatan varian covid-19 dapat menyebabkan covid musiman, di mana virus bertambah kuat setiap beberapa bulan. 


Dr Fauci Konfirmasi Varian Covid-19 Baru
(Dr Anthony Fauci mengatakan varian baru akan muncul di tempat yang banyak orang tak divaksinasi. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)


"Saya pikir kita akan melihat 'kerlip' di mana ketika ada varian baru muncul, akan ada lebih banyak kasus ke depannya," imbuh Fauci. Ia juga mengatakan bahwa varian baru akan muncul di tempat-tempat di mana banyak orang yang tidak divaksinasi. Hal ini yang akan memberi ruang bagi virus untuk berkembang.

Seperti kita ketahui, varian covid-19 terus bermunculan di seluruh negeri. Beberapa di antaranya bukan varian sebenarnya, tetapi subvarian dari varian covid-19

Banyak subvarian baru-baru ini tampaknya terkait dengan varian Omicron, yang menyebabkan meluasnya kasus virus korona pada musim dingin 2021-2022. 

Organisasi Kesehatan Dunia, WHO mengatakan bahwa mereka tetap memantau dua subvarian Omicron baru, BA.4 dan BA.5. Dan pada saat yang sama, varian BA.2.12 dan BA.2.12.1 yang merupakan subvarian dari subvarian pertama Omicron, BA.2 menciptakan lonjakan baru-baru ini dalam kasus covid-19 di New York. Belum lagi adanya varian Omicron XE yang menyatukan varian BA.2 dan varian orisinal Omicron.

(TIN)