FITNESS & HEALTH

Ahli Bedah: Justin Bieber Tunjukkan Tanda Awal Pemulihan dari Sindrom Ramsay Hunt

Mia Vale
Senin 13 Juni 2022 / 08:05
Jakarta: Setelah didiagnosis dengan virus yang menyebabkan separuh wajahnya lumpuh, utamanya bagian saraf di telinga dan wajah, akhirnya Justin Bieber menunjukkan tanda-tanda pemulihan. Hal ini dikatakan seorang ahli bedah spesialis dalam kelumpuhan wajah.

Charles Nduka, konsultan ahli bedah plastik rekonstruktif di Inggris dan salah satu pendiri badan amal kesehatan Facial Palsy UK, mengatakan berkisar 75 persen pasien dengan sindrom yang menerima pengobatan dini, termasuk steroid dan antivirus, sembuh total.

"Saya memerhatikan dalam video yang dibagikan oleh Bieber bahwa dia tampaknya memiliki beberapa bukti pemulihan, yang menggembirakan," ujar Nduka seperti berita yang dilansir dari Yahoo!

Nduka menambahkan, dengan kelumpuhan wajah, salah satu hal yang paling jelas adalah pasien tidak dapat menutup mata sepenuhnya untuk berkedip dan tidak dapat tersenyum.

"Sebelum senyumnya pulih, hal pertama yang akan berkembang adalah wajah yang semakin simetris saat istirahat. Jadi pangkal hidung sering sedikit terangkat, dan mulutnya menjadi lebih rata. Dalam video yang dibagikan saya bisa melihat. Beberapa tanda bahwa ada beberapa pemulihan awal," imbuh Nduka.



(Justin Bieber bagikan momen saat ia terkena sindrom Ramsay Hunt. Video: Dok. Instagram Justin Bieber/@justinbieber)
 

Awal Justin Bieber Akui Alami Sindrom Ramsay Hunt


Tentunya para penggemar Justin Bieber sepertinya harus menelan kekecewaan. Pasalnya, dua hari yang lalu penyanyi pria 28 tahun ini masih harus beristirahat agar 100 persen sembuh dari sakitnya.

Bieber menambahkan bahwa ia telah melakukan latihan wajah untuk kembali normal, tetapi ia tidak tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pulih.

Ya, lewat sebuah video di akun Instagram miliknya @justinbieber, Bieber mengungkapkan dirinya mengalami kelumpuhan dan diagnosis sindrom Ramsay Hunt.

"Seperti yang kamu lihat, mata ini tidak berkedip. Saya tidak bisa tersenyum di sisi wajah saya ini. Jadi ada kelumpuhan total di sisi wajah saya ini," aku Bieber. 

"Virus inilah yang menyerang saraf di telinga dan saraf wajah saya dan menyebabkan wajah saya lumpuh," tambah penyanyi kelahiran Kanada itu dalam video berdurasi tiga menit sambil menunjukkan sisi kanan wajahnya. 

Suami dari Hailey Bieber ini meminta ke fans-nya untuk bersabar. Ia terpaksa harus membatalkan beberapa konsernya, karena secara fisik, Bieber jelas tidak mampu melakukannya. 

Dalam video yang ditonton 240 juta pengikutnya, Bieber tersenyum dan berkedip, menunjukkan bagaimana sisi kanan dari wajahnya tidak bisa bergerak. 

"Ini cukup serius, seperti yang kamu lihat. Saya berharap ini tidak terjadi, tetapi, jelas, tubuh saya memberi tahu saya bahwa saya harus melambat," jelasnya, seperti yang dilansir dari BBC.

Lantas apa sebenarnya penyakit yang diderita oleh Bieber? Bagaimanakah gejala yang ditimbulkan, dan apakah bisa disembuhkan? 

Melansir laman Mayo Clinic, penyakit yang paling sering terjadi pada orang berusia di atas 60 tahun ini terjadi ketika wabah herpes zoster memengaruhi saraf wajah di dekat salah satu telinga. 

Sindrom Ramsay Hunt disebabkan oleh virus yang sama yang menyebabkan cacar air. Setelah cacar air sembuh, virus masih hidup di saraf. Bertahun-tahun kemudian, itu dapat diaktifkan kembali.

Selain ruam herpes zoster yang menyakitkan, sindrom Ramsay Hunt dapat menyebabkan kelumpuhan wajah dan gangguan pendengaran di telinga yang terkena. Ketika itu terjadi, itu dapat memengaruhi saraf wajah.
 

Dua gejala utama sindrom Ramsay Hunt


Sindrom Ramsay Hunt memiliki tanda utama, seperti:

- Ruam merah yang menyakitkan dengan lepuh berisi cairan di, di dalam dan sekitar satu telinga 
- ?Kelemahan wajah atau kelumpuhan pada sisi yang sama dengan telinga yang terkena 
- Biasanya, ruam dan kelumpuhan wajah terjadi secara bersamaan. Terkadang satu bisa terjadi sebelum yang lain. Di lain waktu, ruam tidak pernah terjadi. 


Jika kamu memiliki sindrom Ramsay Hunt, kamu mungkin juga mengalami:

- Sakit telinga 
- Gangguan pendengaran 
- Telinga berdenging (tinnitus) 
- Kesulitan menutup satu mata 
- Sensasi berputar atau bergerak (vertigo) Perubahan persepsi rasa atau hilangnya rasa Mulut dan mata kering
 

Pengobatan sindrom Ramsay Hunt


Obat anti-inflamasi kuat yang disebut steroid (seperti prednison) biasanya diberikan. Obat antivirus, seperti asiklovir atau valasiklovir dapat diberikan. Terkadang obat penghilang rasa sakit yang kuat juga diperlukan jika rasa sakit berlanjut bahkan dengan steroid. 

Saat memiliki kelemahan pada wajah, kenakan penutup mata untuk mencegah cedera pada kornea (abrasi kornea) dan kerusakan lain pada mata jika mata tidak menutup sepenuhnya. 

Beberapa orang mungkin menggunakan pelumas mata khusus di malam hari dan air mata buatan di siang hari untuk mencegah mata mengering. Jika  mengalami pusing, penyedia dapat menyarankan obat lain.
(TIN)