FITNESS & HEALTH

5 Gejala Anemia yang Perlu Diwaspadai

Raka Lestari
Rabu 07 April 2021 / 14:09
Jakarta: Anemia didefinisikan sebagai suatu kondisi di mana tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. 

Anemia juga memiliki berbagai jenis tipe dari gejala-gejalanya. Beberapa orang, yang mengalami talasemia, mengalami anemia sejak lahir. Tubuh mereka secara genetik mewarisi kesulitan memproduksi sel darah merah atau bagian spesifik dari sel darah merah.

Dikutip dari Reader's Digest, berikut beberapa gejala dari anemia yang perlu diwaspadai:

 

1. Sering mengalami kehabisan napas atau pusing


Tanpa zat besi atau vitamin B12 yang cukup, tubuh tidak dapat memproduksi cukup jenis protein spesifik yang disebut hemoglobin, yang sangat penting untuk berfungsinya sel darah merah. 

Hemoglobin  sangat kaya dengan zat besi sehingga memungkinkan oksigen untuk berikatan dengan sel-sel sehingga sel-sel itu dapat membawanya dalam aliran darah ke seluruh tubuh. 

Ketika tidak ada cukup zat besi atau vitamin B12 untuk membuat jumlah hemoglobin yang memadai, beberapa bagian tubuh tidak akan menerima oksigen yang mereka butuhkan yang menyebabkan sesak napas dan kadang-kadang mendapatkan oksigen yang sangat sedikit di kepala sehingga menyebabkan pusing.


(Tidak ada pasokan darah yang cukup ke kulit sehingga menghasilkan bagian kulit yang lebih pucat. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

2. Merasa sangat lelah


Associate Professor of Medicine dari University of Chicago, Andrew Artz, MD, mengatakan bahwa salah satu gejala anemia yang paling umum adalah kelelahan. "Kelelahan adalah gejala utama, namun setiap orang memiliki pengalaman berbeda untuk menyadari seberapa lelah mereka," ujarnya. 

Menurut dr. Artz, beberapa orang akan merasa lebih lelah, sedangkan lainnya mungkin tidak akan menyadarinya. Tanpa cukup zat besi atau vitamin B12, tidak ada cukup hemoglobin, dan tanpa cukup hemoglobin, tidak ada cukup oksigen untuk bahan bakar tubuh. 

 

3. Kulit terlihat pucat


Menurut U.S. National Library of Medicine, tanpa zat besi atau vitamin B12, mungkin tidak ada pasokan darah yang cukup ke kulit sehingga menghasilkan bagian kulit yang lebih pucat. Jika seseorang tidak memiliki sel darah merah yang sehat untuk membakar organ tubuh dengan oksigen, salah satu bagian tubuh yaitu kulit tidak akan terlihat sehat juga.


(Beberapa orang, yang mengalami talasemia, mengalami anemia sejak lahir. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

4. Merasa sakit di bagian dada


Ketika ada lebih sedikit sel darah merah sehat yang beredar, jantung harus bekerja lebih keras untuk memindahkannya ke seluruh tubuh. Akibatnya, jantung berdetak lebih cepat dari biasanya dan mungkin mulai merasakan nyeri dada. Gejala ini sebaiknya tidak diabaikan terutama jika kamu memang memiliki masalah jantung.

 

5. Kaki dan tangan terasa dingin


Jika kamu menyadari bahwa bagian kaki dan tangan lebih dingin dari biasanya, ini bisa menjadi tanda kekurangan zat besi atau anemia. Alasannya adalah karena ketika kamu mengalami anemia, kamu tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat di dalam tubuh. 

Zat besi membantu sel-sel darah ini mengirimkan panas dan nutrisi ke seluruh sel tubuh. Jadi ketika kamu mengalami kekurangan zat besi maka kamu akan lebih rentan merasa kedinginan.
(yyy)