FITNESS & HEALTH

Cara Mengatasi Halitosis Atau Bau Mulut Tidak Sedap

Raka Lestari
Sabtu 13 Februari 2021 / 11:05
Jakarta: Salah satu cara yang cepat untuk mengatasi bau mulut yang tidak sedap adalah dengan berkumur dengan cairan penyegar napas. Namun, hal itu hanya memberikan efek jangka pendek.

Jika kamu mengalaminya secara terus menerus, kemungkinan kamu mengalami Halitosis atau beberapa kondisi medis lainnya. Menurut Dr Mahnaz Rashti, seorang dokter gigi, halitosis memiliki "penyebab multifaktorial", yang berarti biasanya disebabkan oleh kombinasi berbagai hal.

Dr. Rashti mengatakan bahwa dia biasanya terdapat kombinasi dari dua atau lebih penyakit ini ketika dia merawat seseorang dengan bau mulut: penyakit periodontal (penyakit gusi), gigi berlubang, abses mulut, infeksi sinus atau peradangan yang disebabkan oleh alergi, penyakit saluran cerna.

Beberapa penyebab lain penyebab Halitosis di antaranya adalah mulut kering atau Xerostomia, dehidrasi, batu amandel dan infeksi, penyakit sistemik seperti kanker yang diobati dengan kemoterapi, pengobatan tertentu dan obat-obatan rekreasi, makanan tertentu seperti kopi, alkohol, dan bawang putih, serta kebiasaan merokok.

Untuk mengatasi hal tersebut, menurut Dr Rashti cara yang mungkin dilakukan adalah dengan menghilangkan semua penyebab bau mulut tersebut. Dengan kata lain, daripada menutupi gejalanya, penting bagi kamu untuk menemui dokter gigi untuk memastikan kamu merawat kondisi medis yang dapat menjadi penyebab masalah pernapasan dengan benar.

Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu mengendalikan bau mulut dan membuat dirimu merasa lebih segar sepanjang hari. Jika kamu memiliki penyakit periodontal atau abses, Dr Rashti mengatakan solusinya adalah kebersihan mulut yang tepat, mengunjungi periodontis untuk mengobati penyakit tersebut, dan melakukan perawatan.

Begitu pula jika kamu memiliki gigi berlubang, maka perlu dilakukan perawatan dari penyebabnya. Jika memiliki mulut kering, solusi kuncinya adalah tetap terhidrasi dan membilas mulut kamu dengan air dan obat kumur non-alkohol (alkohol sebenarnya dapat meningkatkan kekeringan).

Selain itu, jika kamu menghadapi masalah sinus karena infeksi atau alergi, Dr Rashti menyarankan untuk menemui spesialis THT (Spesialis Telinga, Hidung, dan Tenggorokan) atau ahli alergi. Dan jika kamu memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya segera mengentikan kebiasaan tersebut. Selain berguna untuk kesehatan, dapat juga mencegah bau mulut.
(FIR)