FITNESS & HEALTH

9 Manfaat Jus Anggur dan Cara Mudah Membuatnya di Rumah

Yuni Yuli Yanti
Selasa 23 Februari 2021 / 12:51
Jakarta: Seperti kebanyakan jus buah yang tidak hanya enak rasanya, tetapi juga mengandung banyak sekali nutrisi, antioksidan, vitamin, mineral, potasium, kalsium, dan lain sebagainya. Begitupun dengan jus anggur yang memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh, diantaranya: 


1. Mempercantik kulit

Anggur merah mengandung resveratrol, yang dikenal bisa menyehatkan dan bahkan mempercantik kulit. Perlu diketahui, antioksidan dalam anggur merah, disebut lebih kuat 50 kali dari vitamin E, dan 20 kali lebih kuat dibandingkan vitamin C.

 

2. Mencegah serangan jantung

Jus anggur terdiri dari zat yang mencegah penggumpalan darah, sehingga mengurangi risiko serangan jantung. Buah yang mendapatkan warna merahnya dari flavonoid ini terbukti ampuh melindungi jantung dari penyakit. Kulit anggur merah terbuat dari anthocyanin, yang mampu melindungi jantung. Tidak hanya dagingnya saja, ekstrak kulit anggur merah disebut bisa meningkatkan kinerja pembuluh darah, setelah digunakan selama 30 hari.
 


3. Menjaga kesehatan otak

Manfaat anggur juga bisa dirasakan oleh otak. Resveratrol dalam buah mampu memperlancar peredaran darah menuju otak. Darah dibutuhkan otak sebagai sumber oksigen dan zat gizi agar bisa berfungsi dengan baik. Selain itu, sebuah penelitian di Jerman membuktikan bahwa revestratrol bisa membantu memperkuat daya ingat manusia.


(Anggur merah mengandung resveratrol, yang dikenal bisa menyehatkan dan bahkan mempercantik kulit. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

4. Meredakan nyeri lutut

Sebuah penelitian di Amerika Serikat mengonfirmasi manfaat buah anggur merah. Mengonsumsi anggur merah secara rutin, bisa mencegah rasa sakit pada dengkul, terutama jika dipicu oleh osteoartritis. Sendi akan lebih fleksibel dalam bergerak, karena anggur merah mengandung polifenol. Selain itu, anggur merah juga membantu menurunkan kadar asam urat yang bisa menimbulkan rasa sakit pada dengkul.

 

5. Menurunkan kadar kolesterol 

Anggur berwarna merah bisa jadi cara alami menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida tinggi berkat kandungan resveratrol dan saponin di dalamnya. Kedua zat tersebut bisa menangkap kelebihan kolesterol dalam tubuh sebelum diserap ke dalam darah. Dengan begitu, kadar kolesterol pun tetap seimbang.

Nah, kadar kolesterol seimbang bisa menjauhkan kamu dari penyakit seperti obesitas dan penyakit jantung. Satu penelitian pada hewan menemukan bahwa resveratrol tidak hanya membantu menekan kolesterol saja, tapi juga mengurangi kadar trigliserida dalam darah.

 

6. Meredakan migrain

Jus anggur dapat membantu meredakan migrain. Ketika kamu duduk dan kepala terasa sakit minumlah jus anggur. 


(Anggur ternyata juga baik untuk kesehatan mata. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


7. Mengurangi kecemasan

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ada juga kemungkinan bahwa anggur jus berpotensi membantu gejala kecemasan dan kekuatan memori, karena sifat antioksidannya. 
 


8. Menjaga kesehatan mata

Selain wortel, anggur ternyata juga baik untuk mata. Buah ini mengandung lutein dan zeaxanthin, yaitu dua karotenoid dengan sifat antioksidan yang penting bagi kesehatan mata. Kedua antioksidan ini dapat membantu menyaring gelombang cahaya biru yang berbahaya dari gadget dan membantu melindungi sel-sel mata.

 

9. Mencegah dan melawan kanker

Kandungan resveratrol dalam anggur merah bisa melindungi kulit dari sinar UV matahari dan menjaganya dari kanker kulit. Para peneliti juga menemukan, resveratrol mampu menjaga tubuh dari radiasi, ketika sedang menjalani perawatan kanker.


Ini adalah cara mudah dan cepat yang bagus untuk membuat jus anggur segar di rumah. Lihat video Bee Rising di bawah ini. 


(yyy)