FITNESS & HEALTH

Konsultasikan pada Dokter Jika Pernah Alami Anafilaksis Sebelum Vaksinasi Covid-19

Kumara Anggita
Selasa 19 Januari 2021 / 22:28
Jakarta: Vaksinasi di Indonesia sudah mulai dijalankan. Pelaksanaan vaksinasi covid-19 sudah dimulai sejak Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama yang divaksin pada Rabu, 13 Januari 2021 lalu. Dan kamu masih harus bersabar untuk mendapatkan giliran ya.

Dikutip dari Health Essentials, Dokter Spesialis Penyakit Paru Jafar Abunasser, MD, menjelaskan pengalamannya yang sudah divaksin covid-19. Ia menjelaskan bahwa ia diminta untuk menunggu dulu setidaknya selama 15 menit untuk melihat apakah ia mengalami reaksi alergi atau tidak. 

Namun ia mengingatkan bahwa jika kamu memiliki riwayat reaksi alergi, bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkan vaksin. Kamu diminta untuk bertanya atau berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

“Jika kamu pernah mengalami reaksi alergi ringan terhadap vaksin lain atau obat suntik, kamu dapat menerima vaksin dengan aman dengan periode pemantauan 15 menit. Dengan cara ini, jika kamu memiliki reaksi, itu dapat dikelola dengan cepat. Namun, saat ini, kami tetap menyarankan untuk tidak menerima vaksin jika kamu pernah mengalami reaksi anafilaksis terhadap vaksin sebelumnya,” kata Dr Abunasser.

Anafilaksis adalah syok yang disebabkan oleh reaksi alergi yang berat. Suatu reaksi alergi yang parah dan berpotensi mengancam nyawa. Biasa juga disebut dengan syok anafilaktik.

Diambil dari sumber Mitra Keluarga, reaksi anafilaksis dapat terjadi dalam hitungan detik atau menit sejak terpapar alergen. Gejala anafilaksis termasuk ruam kulit, mual, muntah, kesulitan bernapas, dan shock.
 

CDC: Beberapa efek setelah divaksin


Sementara, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menjelaskan bahwa kamu mungkin mengalami beberapa efek samping setelah divaksin. Ini merupakan tanda normal bahwa tubuh sedang membangun perlindungan. Efek samping ini dapat memengaruhi kemampuan kamu untuk melakukan aktivitas sehari-hari, tetapi akan hilang dalam beberapa hari.
 

Efek samping di lengan tempat kamu divaksin


- Rasa sakit
- Pembengkakan
 

Efek samping di seluruh tubuh 


- Demam
- Panas dingin
- Kelelahan
- Sakit kepala
 

Cara mengatasi rasa sakit dan ketidaknyamanan saat kamu mendapat suntikan:


- Oleskan waslap bersih, dingin, dan basah ke area tersebut
- Gunakan atau latih lengan kamu
 

Untuk mengurangi ketidaknyamanan akibat demam:


- Minum banyak cairan
- Berpakaianlah dengan nyaman
 

Kapan harus menghubungi dokter?


Dalam kebanyakan kasus, ketidaknyamanan akibat demam atau nyeri adalah normal. Hubungi dokter atau penyedia layanan kesehatan kamu jika kemerahan atau nyeri di tempat kamu mendapat suntikan meningkat setelah 24 jam. Dan jika efek samping mengkhawatirkan kamu atau tidak kunjung hilang setelah beberapa hari.
(TIN)