FITNESS & HEALTH

Amankah Mengunjungi Bayi Baru Lahir di Masa Pandemi?

Raka Lestari
Jumat 09 Oktober 2020 / 15:02
Jakarta: Ketika sudah pulang ke rumah, bayi yang baru lahir atau newborn seringkali mendapatkan kunjungan dari keluarga atau teman-teman dari orang tuanya. Hal ini tentu bisa sangat berisiko, terutama pada masa pandemi covid-19 seperti sekarang.

Bayi baru lahir sistem imunitasnya belum sempurna, sehingga ketika ada virus atau bakteri di sekitarnya bisa sangat berbahaya bagi mereka.

“Kehadiran anak tentunya sangat membahagiakan bagi orang tuanya dan orang Indonesia ada kebiasaan untuk mengunjungi rumah orang tua yang baru saja memiliki bayi,” ujar dr. Cynthia Rindang K., Sp.A, dokter anak di RS Pondok Indah-Puri Indah, dalam acara Webinar “New Normal for Moms and Kids” pada Kamis, 8 Oktober 2020.

Menyentuh dan menggendong bayi merupakan hal yang umum dilakukan ketika sedang berkunjung. “Akan tetapi hal tersebut harus disesuaikan dengan kondisi pandemi saat ini. Mungkin keluarga atau kerabat ingin menggendong, memeluk, dan sebagainya,” ujar dr. Cynthia. 

“Hal tersebut sebaiknya diubah dan usahakan untuk selalu melakukan physical distancing, terutama bagi mereka yang tidak satu rumah dengan bayi baru lahir. Hal ini karena kita kan tidak bisa memastikan orang yang berkunjung itu tidak sakit atau tidak membawa virus pada tubuhnya,” tambah dr. Cynthia. 

Pada masa pandemi seperti sekarang, dr. Cynthia menyarankan untuk mengganti tradisi berkunjung tersebut dengan secara virtual saja. “Terutama bagi mereka yang bukan keluarga inti, sebaiknya menengok bayi secara virtual saja dan jika memang harus ketemu usahakan untuk tidak melepas masker,” saran dr. Cynthia. 

“Sebenarnya kalau bisa tidak melakukan kontak langsung lebih baik ya karena kalau pandemi ini sudah selesai pun kita bisa mengunjungi bayinya. Untuk saat ini kegiatan-kegiatan seperti itu sangat berisiko ya apalagi bayi yang baru lahir daya tahan tubuhnya belum matang, tidak bisa memproteksi diri sendiri, dan jika sampai terkena covid-19 belum bisa dipastikan efeknya,” ujar dr. Cynthia. 

Menurutnya, sampai saat ini belum banyak informasi pasti mengenai dampak covid-19 pada bayi yang baru lahir tersebut. “Dan untuk yang mengunjungi bayi, kalau memang bisa sebaiknya cek dulu positif covid-19 atau tidak. Kalau tidak bisa, selalu gunakan masker dan mencuci tangan yang bersih,” tutup dr. Cynthia.
(YDH)