FITNESS & HEALTH

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Kumara Anggita
Sabtu 10 Oktober 2020 / 09:06
Jakarta: Kunyit tak hanya enak untuk jadi perasa di makanan kamu, namun juga memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan. Kunyit mengandung senyawa bioaktif dengan sifat obat yang kuat

Dikutip dari healthline, kunyit adalah bumbu yang memberi warna kuning pada kari. Ini telah digunakan di India selama ribuan tahun sebagai bumbu dan ramuan obat.

Baru-baru ini, sains telah mendukung apa yang telah lama diketahui orang India. Kunyit ternyata benar-benar mengandung senyawa dengan khasiat obat yang disebut dengan kurkumin.

Kurkumin adalah bahan aktif utama dalam kunyit. Ia memiliki efek anti-inflamasi yang kuat dan merupakan antioksidan yang sangat kuat.

Kurkumin bisa menurunkan risiko penyakit jantung

Sumber menunjukkan bahwa penyakit jantung adalah penyebab kematian nomor 1 di dunia. Dan kandungan kurkumin ternyata bagus untuk mereka yang punya penyakut jantung.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurkumin mengarah pada peningkatan fungsi endotel. Satu studi menemukan bahwa ini sama efektifnya dengan olahraga sementara sumber lain menunjukkan bahwa kurkumin bekerja sebaik obat Atorvastatin.

Kurkumin mungkin berguna dalam mencegah dan mengobati penyakit alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif paling umum di dunia dan penyebab utama demensia. Sayangnya, belum ada pengobatan yang baik untuk Alzheimer. Hal yang bisa dilakukan hanyalah melakukan pencegahan.

Sumber menunjukkan bahwa kurkumin telah terbukti dapat menembus sawar darah-otak. Ini tentunya bermanfaat untuk masalah alzheimer.

Selain itu, ciri utama penyakit Alzheimer adalah penumpukan protein yang disebut plak amiloid. Studi menunjukkan bahwa kurkumin dapat membantu membersihkan plak ini.

Anggapan bahwa kurkumin benar-benar dapat memperlambat atau bahkan membalikkan perkembangan penyakit Alzheimer pada manusia saat ini belum diketahui secara pasti. Oleh karena itu, perlu dipelajari dengan lebih dalam lagi.
(YDH)