FITNESS & HEALTH

5 Cara Mudah Mengurangi Risiko Kanker

Raka Lestari
Selasa 08 Maret 2022 / 18:32
Jakarta: Bagi kebanyakan orang, diagnosis kanker adalah salah satu hal paling menakutkan yang bisa dibayangkan. Jika ditemukan dalam kondisi awal, risiko kanker untuk bisa disembuhkan memang masih tergolong tinggi.

Akan tetapi, jika ditemukan pada kondisi lanjut biasanya risiko untuk sembuh dari kanker juga menurun secara drastis. Untuk itu, mencegah terjadinya kanker merupakan hal yang sangat dianjurkan.

Dikutip dari INSIDER, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa mengurangi risiko seseorang terkena kanker:
 

1. Jangan merokok atau mengonsumsi produk tembakau


Kebanyakan orang mungkin tahu bahwa merokok menyebabkan kanker paru-paru tetapi itu bukan satu-satunya dampak negatif yang ditimbulkan oleh rokok. Menurut Mayo Clinic, merokok juga bisa membuat seseorang menderita kanker mulut, tenggorokan, laring, leher rahim, kandung kemih, pankreas, dan ginjal.
 

2. Batasi konsumsi alkohol


Menurut National Cancer Institute, ada bukti ilmiah yang kuat bahwa konsumsi alkohol dapat menyebabkan beberapa jenis kanker, termasuk payudara, hati, kepala, leher, dan kanker kolorektal. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi alkohol dan tembakau memiliki risiko besar terkena kanker.
 

3. Menjaga berat badan


Menjaga berat badan bukan hanya berguna untuk penampilan, tetapi menjaga berat badan yang sehat dapat menurunkan berbagai jenis kanker. Seperti kanker payudara, prostat, usus besar, paru-paru, dan ginjal. Selain mencegah kanker, berat badan berlebihan juga berkaitan dengan penyakit lainnya seperti diabetes, stroke, bahkan penyakit jantung.
 

4. Aktif bergerak


Melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat menurunkan risiko kanker payudara dan usus besar. Ada berbagai jenis aktivitas fisik yang bisa kamu lakukan setiap harinya. Untuk orang dewasa, sebaiknya melakukan 150 menit aktivitas aerobik sedang per minggu atau 75 menit aktivitas fisik berat.
 

5. Rutin mengecek kondisi tubuh


The American Cancer Society merekomendasikan tes skrining rutin untuk mendeteksi kanker sebelum mereka menyebar. menurut American Cancer Society, beberapa tes, seperti tes cervical dan usus besar, bahkan dapat mencegah kanker berkembang pada tahap awal. Kamu harus selalu melakukan pemeriksaan tubuh secara rutin, atau melakukan tes tambahan jika memang hal itu diperlukan untuk mencegah terjadinya kanker.
(FIR)