FITNESS & HEALTH

Ahli: Makan Telur dapat Mempercepat Pemulihan Infeksi Covid-19

Yuni Yuli Yanti
Selasa 25 Januari 2022 / 11:00
Jakarta: Telur mengandung selenium, vitamin A, B, dan K yang dapat membantu melawan virus Covid-19 dan menjaga kesehatan tubuh. Telur juga mengandung asam amino dan antioksidan yang dapat membantu pasien membangun sistem kekebalan yang kuat untuk memerangi virus. Oleh sebab itu, pasien Covid yang sedang dalam masa pemulihan dianjurkan untuk makan telur.

Deeksha Arora, ahli diet di Apollo Spectra Delhi mengatakan telur juga bisa membantu mengatasi infeksi pilek dan flu. "Protein dalam telur dapat membangun kembali pemulihan otot. Terkadang, orang mungkin mengalami nyeri otot selama infeksi Covid-19. Jadi, makanlah telur sesuai saran dokter," tuturnya kepada HealthShots.

Berikut ini sejumlah manfaat dan ketentuan makan telur selama pemulihan Covid-19, di antaranya: 

 

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Mengonsumsi protein yang cukup dapat mendukung respons kekebalan tubuh, dan tidak ada yang lebih baik dari telur. Telur memiliki nutrisi seperti vitamin D, seng, selenium, dan vitamin E yang dibutuhkan tubuh untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, kamu akan tetap kuat dan sehat selama pandemi, dan juga dapat mengatasi kerusakan oksidatif. Selain itu, kamu juga akan dapat mengelola ketidakseimbangan hormon dan mengatur kadar gula darah.

 

2. Mengurangi kemungkinan kabut otak (brain fog)

Telur sangat baik untuk otak. Tahukah kamu, Telur rebus mengandung kolin yang penting untuk sistem saraf seseorang. Ini juga dapat membantu dalam situasi di mana orang menderita kabut otak. “Juga, jika Anda mencoba untuk pulih dari Covid, penyakit ini dapat merusak otak dan jantung, serta mata, selain paru-paru,” kata Arora.


(Telur mengandung asam amino dan antioksidan yang dapat membantu pasien membangun sistem kekebalan yang kuat untuk memerangi virus. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Mengurangi risiko penyakit jantung

Diketahui bahwa Covid-19 dapat berdampak pada jantung seseorang. Jadi makan telur yang mengandung folat, asam lemak tak jenuh, dan vitamin E bermanfaat untuk jantung. Dengan demikian, telur sarat dengan nutrisi ramah jantung dan harus menjadi menu utama dalam makananmu.


(Waktu yang tepat untuk makan telur adalah saat sarapan. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

4. Konsumsi sesuai kebutuhan

Bagian putih telur dikemas dengan protein. Kuning telur mengandung zat besi, vitamin B2, B12, dan D, yang tidak terdapat pada putih telur. Lebih baik bertanya pada ahlinya, lalu makan sesuai kebutuhan nutrisimu. Bahkan, jika kamu makan telur penuh, batasi saja jumlahnya agar tak berlebihan.

Sebaiknya makan empat butir telur sehari. Meskipun jumlahnya bervariasi dari orang ke orang, penting untuk berkonsultasi dengan ahli terlebih dulu. Ada beberapa orang yang bisa alergi terhadap telur. Jadi, berhati-hatilah dan kenali alergimu sebelum mengonsumsinya. 
 

5. Waktu terbaik makan telur

Telur padat nutrisi seperti seng, magnesium, zat besi, dan protein. Waktu yang tepat untuk makan telur adalah saat sarapan. Kamu akan dapat memberi energi pada tubuh, dan dapat melakukan semua tugas dengan mudah. Ini adalah pilihan terbaik untuk makan telur dalam bentuk rebus untuk menjaga nilai gizinya tetap utuh.
(yyy)