FITNESS & HEALTH

5 Pilihan Makanan saat Sarapan yang Bisa Menaikkan Berat Badan

Raka Lestari
Kamis 10 Juni 2021 / 14:08
Jakarta: Sarapan merupakan bagian paling penting dalam memulai hari dan mendukung aktivitas harian. Sarapan berguna untuk memulai metabolisme tubuh dan secara umum memberikan energi sampai waktu makan siang.

Akan tetapi, dalam memilih makanan untuk sarapan juga sebaiknya tidak sembarangan. Dikutip dari Cosmpolitan, berikut ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari ketika sedang sarapan:
 

1. Roti tawar


Roti tawar cenderung kurang bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama roti gandum karena memiliki kandungan serat yang lebih rendah. Menurut Pippa Campbell, seorang ahli nutrisi, makanan yang kaya diet dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan juga mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.
 

2. Gorengan


“Mengonsumsi gorengan saat sarapan juga sangat tidak disarankan karena mengandung banyak kalori. Gorengan biasanya digoreng menggunakan minyak sayur, yang akan menjadi tengik jika dipanaskan,” saran Campbell.

Untuk itu, Campbell menyarankan untuk memilih scrambled egg dibandingkan telur goreng. Dan jika harus menggoreng, gunakan minyak kelapa yang mengandung lemak baik untuk jantung.
 

3. Smoothie


“Memilih smoothie untuk sarapan bisa mengandung banyak gula tersembunyi. Jika kamu mencampurkan smoothies dengan buah, gula alami dilepaskan dari dalam dinding sel buah dan menjadi 'gula bebas',” kata Campbell.

Gula bebas ini dapat merusak gigi, tingkat energi, dan menjaga berat badan yang sehat. Untuk itu, usahakan lebih banyak tambahkan sayuran hijau pada smoothie favoritmu.
 

4. Sereal yang mengandung gula


"Sarapan yang sehat dapat menjaga kadar gula darah, mengurangi keinginan mengemil di kemudian hari dan dapat memberi bahan bakar pada tubuh untuk membantu agar tubuh berfungsi sepanjang hari,” kata Campbell.

Namun, jika kamu mengonsumsi sereal yang sangat manis, hal itu dapat meningkatkan kadar glukosa dalam aliran darah, yang mana dapat mengakibatkan ledakan energi seacara singkat, dan membuat tubuh akan merasa lebih lesu.
 

5. Bubur instan


“Bubur bisa menjadi sarapan yang sehat dan bernutrisi untuk memulai hari, tetapi jika kamu memilih bubur instan atau kemasan, maka hal itu dapat mengganggu rencata diet sehat yang sudah direncanakan,” kata Campbell.

Bubur kemasan, menurut Campbell, biasanya mengandung gula dan garam tambahan yang tidak baik jika dikonsumsi berlebihan.
(FIR)