FITNESS & HEALTH

Agar Tetap Fit, Ini 5 Makanan yang Disarankan untuk Penganut Diet Vegan

Raka Lestari
Jumat 11 Juni 2021 / 08:14
Jakarta: Diet vegan merupakan pola makan yang menghindari konsumsi bahan makanan hewani. Entah karena alasan kesehatan, gaya hidup, atau bahkan lingkungan.

Namun sayangnya, beberapa orang yang melakukan diet vegan mengalami kekurangan nutrisi tertentu, karena ada beberapa sumber makanan yang tidak dikonsumsi. Umumnya adalah protein yang berasal dari hewani.

Untuk itu, bagi kamu yang mengikuti diet vegan berikut ini adalah beberapa makanan yang perlu kamu konsumsi:
 

1. Polong-polongan


Diet vegan menghindari berbagai sumber protein dari hewani seperti daging, unggas, ikan dan telur. Untuk itu, penting mengganti produk hewani ini dengan sumber makanan lain yang kaya protein seperti kacang polong.

Polong-polongan seperti kacang polong dan lentil adalah pilihan yang terbaik, karena mengandung 10 – 20 gram protein per cangkirnya. Mereka juga sumber serat, zat besi, folat, zinc, dan antioksidan yang baik.
 

2. Biji-bijian


Biji-bijian seperti hemp, flax seeds, dan chia seeds ketiganya mengandung jumlah protein yang lebih besar daripada kebanyakan biji lainnya. Sebagai contoh, satu ons (28 gram) hemp seeds mengandung 9 gram protein lengkap yang mudah dicerna atau sekitar 50 persen lebih banyak protein daripada kebanyakan biji lainnya.
 

3. Tahu dan tempe




Tahu dan tempe bisa dijadikan sebagai pengganti daging dan diproses secara minimal. Keduanya mengandung 16–19 gram protein per porsi 3,5 ons (100 gram). Mereka juga merupakan sumber zat besi dan kalsium yang baik.
 

4. Rumput laut


Rumput laut adalah salah satu makanan dari sumber nabati yang mengandung DHA, asam lemak esensial dengan banyak manfaat kesehatan. Rumput laut mengandung magnesium, riboflavin, mangan, kalium, yodium, dan antioksidan dalam jumlah yang baik. Mineral yodium, khususnya, memainkan peran penting dalam metabolisme tubuh dan fungsi kelenjar tiroid.
 

5. Makanan kaya akan kolin


Kolin penting untuk kesehatan hati, otak, dan sistem saraf. Tubuh kita dapat memproduksinya, tetapi hanya dalam jumlah kecil.

Makanya, itu dianggap sebagai nutrisi penting yang harus didapatkan dari makanan. Sumber makanan tinggi kolin di antaranya adalah tahu, susu kedelai, kembang kol, brokoli, dan quinoa.
(FIR)