FITNESS & HEALTH

4 Tips Jangka Pendek Supaya Kamu Bahagia Sendiri

Kumara Anggita
Minggu 21 Februari 2021 / 10:00
Jakarta: Kebahagiaan tidak selalu datang saat kamu bersama dengan orang lain. Kamu bisa mendapatkannya sendiri. Dikutip dari Healthline, membandingkan diri sendiri dengan orang lain bukanlah ide yang baik untuk kamu terus terapkan. 

Jangan bandingkan jumlah temanmu denganmu, pencapainnya, atau kehidupan percintaannya. Ingat, kamu benar-benar tidak tahu apakah seseorang yang tampak bahagia itu benar-benar bahagia atau tidak.

Ada beberapa cara simpel untuk membuat dirimu menjadi sahabatmu sendiri seperti dikutip dari sumber yang sama:
 

1. Istirahat dari media sosial


Media sosial pada dasarnya tidak buruk atau bermasalah, tetapi jika menelusuri feed membuat kamu merasa tersisih dan stres, mundurlah beberapa langkah. Kamu tidak tahu apakah orang-orang itu benar-benar bahagia atau hanya memberi kesan bahwa mereka bahagia. Bagaimanapun itu bukan refleksi pada kamu.

Jadi, tarik napas dalam-dalam dan ubah perspketifmu. Lakukan uji coba dan blokir dirimu dari media sosial selama 48 jam. Jika itu membuat perbedaan, coba berikan diri kamu batas harian 10 sampai 15 menit main media sosial dan patuhi itu.
 

2. Ajaklah diri kamu untuk berkencan


Kedengarannya klise, tetapi kencan sendiri bisa menjadi alat yang ampuh untuk belajar bagaimana menjadi bahagia sendiri. Tidak yakin apa yang harus dilakukan? Mulailah dari yang kecil dengan duduk di kedai kopi hanya selama 10 menit. Waspada dan nikmati suasana. Setelah kamu merasa nyaman dengan itu, pergi sendiri tidak akan terasa aneh lagi.
 

3. Lakukan aktivitas fisik


Olahraga membantu melepaskan endorfin, neurotransmiter di otak kamu yang dapat membuat kamu merasa lebih bahagia. Jika kamu baru berolahraga, mulailah hanya dengan beberapa menit sehari, meskipun itu hanya peregangan pagi. 

Lalu tingkatkan aktivitas satu atau dua menit setiap hari. Saat kamu mendapatkan kepercayaan diri, cobalah latihan beban, aerobik, atau olahraga.
 

4. Habiskan waktu dengan alam


Keluarlah dan bersantailah di halaman belakang, berjalan-jalan di taman atau nongkrong di tepi danau. Resapi pemandangan, suara, dan bau alam. Rasakan angin sepoi-sepoi di wajah kamu. Sumber menunjukkan bahwa 30 menit atau lebih dalam seminggu di alam dapat memperbaiki gejala depresi dan menurunkan tekanan darah.
(TIN)