FITNESS & HEALTH

6 Cara Berhenti dari Kebiasaan Menggigit Kuku

Sandra Odilifia
Rabu 24 Februari 2021 / 15:18
Jakarta: Menggigit kuku sama sekali tidak terlihat cute atau lucu karena risiko kesehatan dibaliknya. Dalam Wikipedia disebutkan bahwa menggigit kuku adalah salah satu kebiasaan yang dapat muncul ketika seseorang dalam kondisi was-was, tegang, atau gugup.

Tapi ada juga yang melakukannya untuk mendapatkan kepuasaan tersendiri.  Perlu kamu ingat bahwa menghentikan kebiasaan apa pun tentu membutuhkan waktu.

Jika kamu telah mencoba menghentikannya namun tidak sanggup menahannya, cobalah beberapa cara berikut ini seperti disarankan oleh Timesofindia:
 

1. Potong kuku sesering mungkin


Saat kamu meluangkan waktu untuk merawat kuku, kamu tidak akan tergoda untuk menggigitnya. Kamu juga bisa melakukan manikur, karena ketika kamu menghabiskan uang untuk kuku, kamu tidak mungkin rela untuk merusaknya bukan?
 

2. Pakai cat kuku


Kebanyakan cat kuku rasanya pahit. Saat kamu melapisi kuku dengan cat kuku, mungkin kamu mulai merasa tidak nyaman untuk menggigit kuku dan pada akhirnya kamu tidak melakukannya lagi!
 

3. Memakai sarung tangan


Meski ini hanya solusi sementara, kamu bisa memakai sarung tangan katun agar tidak bisa menggigit kuku.
 

4. Analisis apa yang membuat kamu melakukannya


Menganalisis apa yang membuat kamu menggigit kuku dapat memudahkan kamu untuk menghilangkan kebiasaan tersebut.
 

5. Gantikan kebiasaan itu


Kamu bisa mengganti kebiasaan tersebut dengan kebiasaan lain seperti mengunyah permen karet. Kamu juga bisa menyibukkan diri dengan stress ball atau spinner.
 

6. Sabar


Terakhir, jangan berharap kamu akan mengubah kebiasaan itu dalam satu atau dua hari. Sama seperti membentuk kebiasaan baik membutuhkan waktu, melepaskan kebiasaan buruk juga membutuhkan waktu. Tetap semangat ya Teman Gaya!

(TIN)