FITNESS & HEALTH

Trik Bikin Mukamu Gak Gampang Jerawatan ketika Pakai Masker

Raka Lestari
Senin 30 November 2020 / 15:37
Jakarta: Menggunakan masker untuk waktu yang cukup lama dapat menyebabkan penumpukan bakteri, tertutupnya pori-pori kulit, hingga munculnya jerawat. Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

“Ketika mengembuskan napas, biasanya akan terasa panas dan panas tersebut akan terkurung di dalam masker yang digunakan, bersamaan dengan kulit yang berminyak, makeup, kotoran, dan sel-sel kulit mati,” kata dokter kulit, Dr Sandra Lee.

Ketika faktor-faktor tersebut menyatu, menurut Dr Lee, pori-pori kulit akan tertutup dan membentuk bakteri yang terinfeksi dan menjadi komedo dan kemudian menjadi jerawat. Namun ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah penumpukan bakteri ini dan mencegah timbulnya jerawat.

Untuk menghilangkan kelembapan, pilihlah masker yang terbuat dari katun. Sebab bahan itu merupakan yang terbaik untuk kulitmu. Dr. Lee juga menyarankan untuk memilih masker yang memiliki bahan seperti T-shirt. Selain pemilihan bahan, mencuci wajah juga sangat disarankan.

“Menurut saya sebaiknya kamu selalu mencuci wajah sesering mungkin, setiap habis menggunakan masker. Gunakanlah masker yang berbeda setiap harinya, untuk mencegah penumpukan bakteri," ucap Dr. Lee.

Dr Lee juga menyarankan untuk tidak mengaplikasikan makeup. Sebab akan tertutup oleh masker. Sebagai solusinya, ia menyarankan untuk berfokus saja pada riasan mata.

Sementara untuk menggunakan skincare, gunakanlah yang dapat melakukan exfoliate yang mengandung AHA dan BHA. Sebab dapat menghilangkan sel kulit mati, kotoran, dan mencegah penyumbatan pori-pori.

“Jangan lupa juga untuk menambahkan produk yang mengandung retinol dan benzoil peroksida yang dalam rutinitas skincare Anda karena keduanya dapat melawan jerawat di kulit. Dan untuk jerawat yang membandel, gunakan perawatan dengan cara spot treatment,” tutup Dr Lee.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun.
 
(FIR)