FITNESS & HEALTH

Mengapa Kita Tidak Merasa Lapar pada Pagi Hari?

Raka Lestari
Sabtu 12 Juni 2021 / 08:11
Jakarta: Sebagian besar dari kita mungkin sudah tahu bahwa sarapan adalah waktu makan yang sangat penting untuk menjalani hari. Namun beberapa orang mungkin merasa tidak lapar pada pagi hari, sehingga melewatkan waktu sarapan mereka. Apakah yang menyebabkan hal tersebut?

Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah penyebab mengapa seseorang tidak merasa lapar di pagi hari:
 

1. Makan dalam porsi yang besar saat malam hari


Salah satu alasan utama mengapa kamu tidak merasa lapar saat bangun tidur adalah karena makan malam atau camilan dalam jumlah besar pada malam sebelumnya. Ini terutama terjadi jika kamu makan makanan tinggi lemak atau protein. Makronutrien ini dapat memperlambat pengosongan perut dan membuatmu merasa kenyang lebih lama, bahkan hingga keesokan paginya.
 

2. Perubahan tingkat hormon


Pada saat malam hari dan sedang tidur, kadar beberapa hormon dalam tubuh akan berfluktuasi. Ini bisa mengubah nafsu makan. Secara khusus, penelitian menunjukkan bahwa kadar epinefrin, yang juga dikenal sebagai adrenalin cenderung lebih tinggi di pagi hari.

Dipercaya bahwa hormon ini menekan nafsu makan dengan memperlambat laju pengosongan perut dan meningkatkan pemecahan karbohidrat, yang disimpan di hati dan otot untuk bahan bakar tubuh.
 

3. Kamu merasa cemas atau depresi


Kecemasan dan depresi dapat secara signifikan memengaruhi tingkat rasa lapar. Selain gejala seperti gangguan tidur, kelelahan, dan kehilangan minat, depresi dapat menyebabkan perubahan nafsu makan. Sementara itu, kecemasan dapat meningkatkan kadar hormon stres tertentu yang mengurangi nafsu makan.
 

4. Sedang hamil


Morning sickness adalah masalah umum yang ditandai dengan mual dan muntah. Ini mempengaruhi sekitar 80% orang selama kehamilan. Meskipun mual di pagi hari dapat terjadi kapan saja, biasanya itu terjadi pada pagi hari. Dalam kebanyakan kasus, itu membaik atau menghilang setelah 14 minggu kehamilan.
 

5. Kondisi tubuh sedang tidak sehat


Merasa tidak enak badan biasanya menyebabkan penurunan nafsu makan dan rasa lapar. Secara khusus, infeksi pernapasan seperti pilek, flu, dan radang paru-paru diketahui membuat nafsu makan sangat berkurang. Dalam beberapa kasus, infeksi ini juga membatasi indra perasa dan penciuman, yang dapat mengurangi nafsu makan.
(FIR)