FITNESS & HEALTH

5 Cara Membuang Masker Bekas Pakai

Kumara Anggita
Kamis 05 Agustus 2021 / 20:12
Jakarta: Di masa pandemi covid-19 ini pemakaian masker tentu saja sangat diperlukan oleh semua orang. Hal ini juga salah satunya membuat masalah baru pada lingkungan berupa sampah dan juga tak bisa dipungkiri sampah medis.

Dikutip dari Dumb Little Man, Green Matters memperkirakan lebih dari 129 miliar masker wajah dilemparkan setiap bulan sejak berurusan dengan virus korona. 

Itu jumlah besar yang masuk ke lautan yang juga sudah dipenuhi dengan sampah plastik. Hewan laut salah mengira masker ini sebagai makanan, yang menyebabkan terjerat, tertelan, tersedak, dan kematian.

Tak hanya itu, masker dengan pembuangan yang tak baik dapat menjadi serat mikroplastik. Mikroplastik adalah potongan plastik yang sangat kecil dan dapat mencemari lingkungan.

Dilansir dari Scholar.unand jenis-jenis mikroplastik yang ada pada dasarnya berasal dari buangan limbah atau sampah dan pertokoan yang ada di lingkungan sekitar perairan.

Karena itu, pastikan kamu membuang berbagai alat medis atau maskermu dengan lebih berhati-hati ya. Berikut beberapa cara membuang masker sekali pakai yang dikutip dari berbagai sumber. 
 

1. Lepaskan dengan benar


Lepaskan masker dari wajah kamu dengan hati-hati. Pegang tali telinganya, bukan penutup maskernya. Lakukan perlahan saat melakukan ini untuk mengurangi kemungkinan melepaskan patogen yang terperangkap.
 

2. Rusak masker


Gunting tali masker dan sobek (gunting) bagian tengahnya agar masker ini tidak bisa digunakan lagi. Tentunya kamu juga tak mau kan melihat masker dan tali masker ini secara tak sengaja termakan burung atau penyu, sehingga mereka menderita tidak bisa bernapas. 

Parahnya lagi, kita tentunya tak ingin ada orang yang mendaur ulang masker bekas ini untuk kepentingan diri mereka bukan.


masker
(Rusak masker yang hendak kamu buang dan buanglah ke tempat sampah dalam plastik tertutup. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

3. Buat tempat khusus sampah masker


Jangan membuang masker bekas langsung ke tempat sampah. Sebaliknya, masukkan ke dalam kantong plastik tertutup. 
 

4. Cuci tangan


Cuci tangan kamu secara menyeluruh dengan sabun dan air selama setidaknya 20 detik setiap kali kamu membuang masker. Dibutuhkan 20 detik untuk sabun untuk memecah selubung lemak pelindung virus.

Jangan lupa jika kamu menggunakan gunting untuk mnggoyak masker bekas, cuci bersih di air mengalir dengan sabun, kemudian keringkan dengan tisu.
 

5. Hubungi fasilitas yang menampung sampah jenis ini


Hubungi rumah sakit terdekat yang memiliki fasilitas pengolahan limbah infeksius. Mereka tahu cara mengolah sampah seperti ini dengan lebih aman.

Jika tidak ada, sediakan tempat sampah khusus di depan rumah. Ini bisa jadi salah satu cara jika pembuangan sampah masker atau medis di tempat kamu cukup banyak ya.
(TIN)