FITNESS & HEALTH

Berbagai Bahaya yang Dialami Wanita jika Suka Merokok

Raka Lestari
Kamis 03 Juni 2021 / 17:29
Jakarta: Rokok memang berbahaya untuk kesehatan, tidak hanya untuk wanita saja begitupun untuk pria. Namun, beberapa dampak negatif seperti risiko kehamilan ektopik hingga menopause dini hanya dialami oleh para wanita.

Ada banyak sekali alasan untuk menghentikan kebiasaan merokok. Berikut ini adalah berbagai dampak negatif yang ditimbulkan dari merokok pada wanita:
 

1. Meningkatkan risiko kanker serviks dan kanker rektal


Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), merokok tidak hanya dapat menyebabkan berbagai kanker pada pria dan wanita, tetapi juga menempatkan wanita pada risiko kanker serviks yang lebih tinggi.

Sebuah penelitian di Denmark yang diterbitkan dalam Journal of the National Cancer edisi 21 April 1999 menemukan bahwa, wanita pramenopause yang merokok enam kali lebih mungkin terkena kanker rektal, dibandingkan mereka yang tidak merokok.
 

2. Mengganggu kesuburan


Menurut VickiSeltzer, M.D., wakil presiden untuk layanan kesehatan wanita di North Shore-LongIsland Jewish Health System di New York, merokok memengaruhi hampir setiap fase pembuahan.

Perokok memiliki risiko lebih besar untuk tidak berovulasi, dan juga kecil kemungkinan telur yang dibuahi akan tertanam di dalam rahim. Perokok yang menerima fertilisasi in vitro lebih kecil kemungkinannya untuk berhasil.

Seltzer juga mencatat bahwa nikotin mengganggu fungsi tuba fallopi dan dapat menghalangi sel telur berjalan secara normal ke rahim. Sehingga dapat menyebabkan kehamilan ektopik sebuah kondisi yang berpotensi mengancam jiwa.
 

3. Memengaruhi janin


"Ketika wanita merokok selama kehamilan, maka akan meracuni janin. Karbon monoksida memiliki afinitas yang lebih besar untuk jaringan janin daripada untuk jaringan dewasa, dan ketika nikotin melewati plasenta, itu mempercepat detak jantung bayi," kata Benjamin Sachs, profesor kebidanan dan ginekologi di Harvard Medical School.

Menurut ACOG, merokok meningkatkan risiko keguguran wanita hamil sebesar 39 persen dan meningkatkan kemungkinan komplikasi serius lainnya. Termasuk solusio plasenta (ketika plasenta terpisah dari dinding rahim), plasenta previa (ketika plasenta menutupi pembukaan rahim). dan lahir mati.
 

4. Mempercepat penuaan dini


Merokok mempercepat menopause satu sampai dua tahun. Nikotin mengganggu suplai darah ke ovarium. Dan jika kamu mengurangi suplai darah ke organ mana pun, akan menurunkan fungsinya.

“Estrogen yang diproduksi di ovarium akan terganggu sehingga wanita yang merokok menyebabkan menopause lebih awal. Rokok juga dapat menyebabkan osteoporosis dini," kata Sandra Carson, M.D., profesor kebidanan dan ginekologi di Baylor College of Medicine di Houston.
(FIR)