FITNESS & HEALTH

Kasus Covid-19 Meningkat, Ini 5 Imbauan dari Sejumlah Organisasi Profesi Dokter

Raka Lestari
Sabtu 19 Juni 2021 / 06:06
Jakarta: Kasus konfirmasi positif covid-19 di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup tajam. Hal ini juga ditambah dengan adanya berbagai varian baru dari covid-19. Salah satunya adalah varian Delta yang berasal dari India yang kini sudah ada di Indonesia.

Berdasarkan data kasus harian dari Satgas covid?19 pada 15 Mei 2021 angka penambahan kasus covid?19 yaitu 2.385 kasus. Kemudian kasus perlahan meningkat dan semakin meningkat tajam. Tercatat pada 15 Juni terdapat 8.161 kasus, 16 Juni terdapat 9.944 kasus dan kasus per 17 Juni 2021 sebanyak 12.624 kasus.

Jika dibandingkan dengan data 15 Mei, terjadi peningkatan kasus pada 17 Juni sekitar 500 persen. Diikuti dengan peningkatan kasus kematian berkaitan dengan covid?19.

Untuk itu, sebanyak 5 perhimpunan profesi dokter pada Jumat, 18 Juni 2021 melakukan Konferensi Pers yang dilakukan secara virtual untuk membahas situasi terkini pandemi covid-19 di Indonesia. Kelima perhimpunan profesi dokter tersebut juga menyampaikan sejumlah rekomendasi mengenai pandemi covid-19 di Indonesia.

Kelima perhimpunan profesi dokter yang terdiri dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Perhimpunan Dokter Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif Indonesia (PERDATIN)  dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskuler Indonesia (PERKI), mendorong dan merekomendasikan:  

1. Agar pemerintah pusat memberlakukan PPKM secara menyeluruh dan serentak terutama di Pulau Jawa.

2. Agar pemerintah atau pihak yang berwenang memastikan implementasi serta penerapan PPKM yang maksimal.

3. Agar pemerintah atau pihak yang berwenang melakukan percepatan dan memastikan vaksinasi tercapai sesuai standar.

4. Agar semua pihak lebih waspada terhadap varian baru covid?19 yang lebih mudah menyebar,   mungkin lebih memperberat gejala, mungkin lebih meningkatkan kematian dan mungkin menghilangkan efek vaksin. Lakukan Tracing dan Testing dengan lebih masif.

5. Agar masyarakat selalu dan tetap memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, tidak berpergian jika tidak mendesak, menjaga kesehatan dan menjalankan protokol kesehatan lainnya.
(FIR)