FITNESS & HEALTH

8 Gejala Umum Covid untuk Orang yang Sudah Divaksinasi

Mia Vale
Senin 25 April 2022 / 08:05
Jakarta: Varian Omicron dari virus korona baru sampai saat ini masih menancapkan kukunya, menyebar ke seluruh Amerika Serikat dengan kecepatan tinggi karena terus bermutasi. Penelitian terbaru dapat membantu kita memahami seperti apa infeksi modern saat ini. 

Kembali pada bulan November, The Wall Street Journal memberitakan, sebuah perusahaan energi bernama Scatec ASA menyelenggarakan pesta liburan tahunan di antara orang-orang yang divaksinasi penuh. 

Sebagaimana yang diberitakan melalui Deseret, mereka diharuskan mengikuti tes cepat covid-19 sehari sebelum pesta. Namun tak disangka, setelah acara itu, setengah dari pengunjung pesta dinyatakan positif covid-19. Dan saat itu, varian Omicron baru saja mulai menyebar. 


gejala utama covid untuk yang sudah divaksinasi
(Bersin, demam, dan sakit tenggorokan adalah beberapa gejala yang diderita mereka paling banyak dari orang yang sudah divaksinasi covid-19. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)


Para peneliti di Norwegia pun melakukan penelitian yang mewawancarai 111 dari 117 tamu dari sebuah pesta pada 26 November 2021, yang memiliki wabah varian Omicron. Para peneliti mengatakan ada delapan gejala utama di antara semua pengunjung pesta, termasuk: 

- Batuk
- Pilek
- Kelelahan
- Sakit di tenggorokan
- Sakit kepala 
- Nyeri otot
- Demam
- Bersin

"Studi ini menemukan bahwa batuk, pilek, dan kelelahan adalah gejala paling umum pada individu yang divaksinasi, sementara bersin dan demam paling jarang terjadi,” menurut The Independent. 

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, yang harus menjadi perhatian, versi baru varian  Omicron, yakni varian BA.2.12.1 merupakan seperlima dari kasus covid-19 saat ini. Dengan memahami gejala varian Omicron dan mematuhi prokes, dapat membantu kamu tetap aman.

(TIN)