FITNESS & HEALTH

Berapa Lama Biasanya Sakit Perut Berlangsung?

Raka Lestari
Jumat 15 April 2022 / 17:15
Jakarta: Sakit perut membuatmu mengalami perasaan yang tidak menyenangkan. Dan biasanya sakit perut bisa terjadi secara tiba-tiba dan menimbulkan gejala secara cepat. Gejala umum yang dialami ketika sakit perut di antaranya adalah perut kembung, gas, atau bahkan mual dan muntah.

Mencari tahu bagaimana cara meredakan sakit perut dengan cepat mungkin hal pertama yang kamu lakukan. Ada banyak cara untuk menghentikan sakit perut, tapi kamu perlu tahu dulu apa yang menjadi penyebab sakit perut yang dialami.

“Pada umumnya, sakit perut dapat terjadi setiap kali ada iritasi pada lapisan perut,” kata Henry Herrera, MD, ahli gastroenterologi di DHR Health Gastroenterology di Texas.

Entah itu karena terlalu banyak menikmati makanan pedas, minum terlalu banyak alkohol, atau berlebihan saat makan dessert. Sejumlah alasan tersebut dapat menyebabkan ketidaknyamanan di perut.

Sebelum mendapatkan pengobatan untuk sakit perut, kamu perlu tahu bahwa ada beberapa hal yang justru bisa menyebabkan sakit perut bertambah buruk. Misalnya, minum soda dan gula dapat memberi makan bakteri jahat yang membuat perut sakit.

"Untuk itu, gantilah minuman tersebut dengan dengan teh jahe. Ketika sakit perut, kamu juga sebaiknya tidak mengonsumsi air lemon. Perlu diingat bahwa makanan asam juga cenderung dikaitkan dengan peningkatan gejala refluks,” jelas Dr Herrera.
 

Berapa lama sakit perut berlangsung?


Sakit perut biasanya tidak berlangsung lama, mungkin sekitar satu sampai dua jam. Dan sakit perut biasanya mereda dengan sendirinya.

“Tapi berapa lama sakit perut berlangsung tidak menjadi indikator apakah sakit perut yang dialami tersebut jinak atau sesuatu yang lebih serius,” kata Leila Kia, MD, seorang ahli gastroenterologi di Northwestern Medicine.

“Ada faktor lain yang harus dipertimbangkan, seperti karakter nyeri, intensitas, dan lokasi serta gejala yang terkait,” catatnya.

Hubungan dengan makanan atau makanan tertentu, riwayat pengobatan pasien, waktu rasa sakit, dan masalah medis lainnya adalah faktor penting dalam menilai penyebab sakit perut.

Jika sakit perut yang dialami tidak membaik dengan obat-obatan yang dijual bebas, membuatmu sulit untuk tidur, disertai dengan penurunan berat badan, darah ketika BAB, muntah, atau demam, maka sebaiknya harus memeriksakan diri ke dokter.
(FIR)