FITNESS & HEALTH

Perut Buncit Bikin Kurang Percaya Diri? Ini Cara Mengatasinya

Raka Lestari
Sabtu 14 Agustus 2021 / 09:27
Jakarta: Perut yang buncit seringkali membuat seseorang merasa tidak percaya diri. Selain itu, perut yang buncit juga terkadang membuat tampilan tubuh menjadi kurang menarik.

Untuk itu, menjaga lemak-lemak di perut agar tidak berlebihan sangatlah penting. Dan berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah perut buncit:
 

1. Banyak bergeraak


Berlari, bersepeda, atau berenang, atau kegiatan apapun yang membuat tubuh berkeringat akan membantu mengurangi lemak visceral. Noam Tamir, C.S.C.S, pendiri TS Fitness, juga mengatakan bahwa jenis olahraga metabolic resistance training dan high-intensity interval training (HIIT) adalah cara yang tepat untuk mengurangi lemak di seluruh tubuh, termasuk lemak perut.
 

2. Mengonsumsi lebih banyak protein


"Tubuh akan mulai memproduksi lebih banyak insulin seiring bertambahnya usia karena otot dan sel-sel lemak sudah tidak merespons dengan baik," jelas Louis Aronne, M.D., direktur klinik obesitas di Cornell University.

Inilah yang dikenal sebagai resistensi insulin. Dan diet tinggi protein dapat melindungi tubuh dari resistensi insulin.
 

3. Konsumsi lemak sehat


Selain meningkatkan kadar kolesterol, lemak jenuh juga mengandung lebih banyak lemak visceral daripada lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh ganda dapat ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan. Namun perlu diingat, lemak lebih tinggi kalori sehingga kamu tetap harus menjaga porsi makan yang dikonsumsi.
 

4. Perhatikan waktu tidur


Memiliki jadwal tidur yang rutin setiap harinya juga dapat membantu mengurangi lemak perut.  Menurut sebuah studi baru-baru ini di Universitas Brigham Young, wanita yang bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap malam memiliki tingkat lemak tubuh yang lebih rendah.

Menurut sebuah penelitian pada 2017 di jurnal PLOS ONE, peserta yang tidur enam jam di malam hari memiliki ukuran pinggang yang rata-rata 3 cm lebih besar, daripada mereka yang tidur selama 9 jam.
 

5. Jangan lupakan serat


Tamir menyarankan makan lebih banyak serat larut untuk membuat kenyang lebih lama, yang membuat kamu tidak makan terlalu banyak. Makanan tinggi serat memperlambat pencernaan dan dapat membantu mengatasi rasa lapar. 
(FIR)