FITNESS & HEALTH

Berlari vs Bersepeda, Manakah Olahraga yang Efektif Menurunkan Berat Badan?

Raka Lestari
Sabtu 09 Januari 2021 / 10:42
Jakarta: Baik bersepeda maupun berlari sama-sama memiliki manfaat kesehatan, terutama kesehatan jantung. Lantaran kedua olahraga ini memberikan banyak manfaat yang sama, mungkin sulit untuk menentukan mana yang akan kamu pilih. Terutama yang bisa menurunkan berat badan.

Berlari dan bersepeda dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Namun karena lari dapat membakar kalori lebih cepat daripada bersepeda, bisa dikatakan berlari menjadi olahraga paling efektif untuk menurunkan berat badan. Pernyataan itu dibenarkan oleh Marques Garcia, ahli fisiologi olahraga klinis, dan pemilik Strong2thefinishline di Bellevue, Washington.

Dikutip dari Insider, sebuah studi yang berlangsung pada 2013 ditemukan sebuah kesimpulan, bahwa berlari dikaitkan dengan penurunan berat badan. Sementara penelitian pada 2019 juga menemukan bahwa bersepeda dalam ruangan, bila dikombinasikan dengan praktik makan sehat, sangat direkomendasikan untuk membantu orang menurunkan berat badan.

Meskipun demikian, pilihan olahraga yang tepat untuk setiap orang berbeda-beda. Tergantung pada preferensi pribadi. Secara umum, jenis olahraga yang terbaik adalah olahraga yang bisa kamu lakukan terus menerus seiring berjalannya waktu.

Di satu sisi, berlari memang membutuhkan lebih sedikit peralatan dan persiapan sebelum kamu melakukannya. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk menyesuaikan diri dengan rutinitas olahraga yang dilakukan. Di sisi lain, bersepeda mungkin tampak lebih menyenangkan. Atau mungkin kamu ingin melakukan keduanya.

“Mengubah rutinitas olahraga kamu dapat membuatnya lebih menarik dan lebih memotivasi untuk mematuhinya," kata kata Kaitlin Donner, DPT, pemilik New Wave Physical Therapy & Sports Rehabilitation di Rockledge, Florida.

Menggabungkan bersepeda dan lari atau keduanya ke dalam rutinitas olahraga harian dapat menawarkan manfaat kesehatan yang berharga. Terutama jika kamu menggabungkannya dengan latihan kekuatan.
(FIR)