FITNESS & HEALTH

7 Penyebab Mood Swing yang Wajib Kamu Tahu!

Kumara Anggita
Jumat 22 Januari 2021 / 06:04
Jakarta: Teman Gaya, pernahkah kamu merasakan perubahan suasana hati yang sangat cepat atau biasa dikenal mood swing? Selain tidak baik untuk diri kamu sendiri, mood swing juga dapat merugikan orang di sekitar kamu lho!

Supaya hal itu tak berlarut-larut, sebaiknya ketahui apa saja penyebab mood swing yang paling umum. Melansir akun resmi instagram psikolog Efnie Indrianie, @efni_qo, berikut tujuh penyebab perubahan suasana hati secara drastis:
 

1. Bangun tidur langsung periksa ponsel 


Saat bangun tidur gelombang otak berada di level alfa. Informasi apapun dapat masuk dengan segera ke alam bawah sadar. Informasi tadi bisa mempengaruhi kamu kapan saja tanpa kamu sadari lho!
 

2. Kualitas tidur menurun karena kurang hormon melatonin 


Luangkan waktu untuk dapat sinar matahari pagi. Ini akan sangat baik untuk menstimulasi produksi melatonin yang cukup di tubuh kamu.
 

3. Terlalu banyak mengonsumsi yang manis-manis

 
Makanan dan minuman manis dapat membuat fungsi kerja otak menjadi tidak stabil sehingga mood kamu mudah berubah, terkadang rasanya seperti gejala gangguan mood.
 

4. Kadar gula di dalam darah terlalu rendah 


lni bisa terjadi karena jarak antar makan terlalu jauh, menerapkan diet ketat, atau pengaruh obat penurun kadar gula di darah. Perasaan yang muncul karena hal ini adalah kombinasi antara marah, kesepian, kecewa, dan bingung.
 

5. Menunggu sesuatu yang tidak pasti 


Misalnya saat kamu berharap pada seseorang, namun orang tersebut tidak bisa memberikan kepastian. Kepastian atau harapan yang tidak realistis akan membuat fungsi frontal lone otak menjadi terganggu.
 

6. Terlalu banyak target atau hal yang kamu kerjakan 


Beban yang terlalu banyak membuat tubuh kamu melepaskan kortisol. Kondisi ini diterjemahkan otak sebagai kondisi siaga satu. Jika hal ini terjadi terus-menerus maka akan memicu perasaan marah, lelah, bingung, frustrasi, dan ambisius. Jadi sebaiknya buatlah target yang realistis ya!
 

7. Banyak mengonsumsi minuman berkafein dan bersoda 


Minuman berkafein dan bersoda memang bisa meningkatkan mood dan energi karena mengaktifkan sistem saraf tubuh. Namun, saat kamu berhenti atau mengurangi konsumsi minuman tersebut maka efek yang kamu rasakan adalah lelah, kesal, gugup, dan bingung.

Nah Teman Gaya, kira-kira faktor nomor berapa yang paling memengaruhi kamu?
(YDH)