FITNESS & HEALTH

Alasan Migrain Bikin Mual dan Cara Mengatasinya

Kumara Anggita
Minggu 04 April 2021 / 14:00
Jakarta: Tahukah kamu selain bikin kepala sakit banget, migrain yang parah atau akut juga bisa membuat kamu mual atau muntah? Dan untungnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi gejala yang satu ini. 

Mengutip dari Healthline, sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa orang yang sering mengalami mual terus-menerus dengan migrain dua kali lebih mungkin mengembagkan migrain episodik menjadi migrain kronis. Seseorang dengan migrain kronis mengalami migrain lebih dari 15 hari per bulan.

Dalam sumber yang sama menyebutkan beberapa obat khusus migrain, terutama ergotamin, dapat menyebabkan efek samping perut seperti mual dan muntah. 

Penting untuk memberi tahu dokter jika kamu mengalami mual bersama dengan migrain. Kamu dapat mendiskusikan rencana perawatan yang berbeda dengan dokter.
 

Cara mengatasi mual


Jika kamu merasakan migrain datang, tinggal di ruangan yang tenang dan gelap dan menyesap air dapat membantu mengurangi mual. Antiemetik, atau obat antinausea juga dapat membantu mengurangi mual atau muntah. 

Beberapa antihistamin over-the-counter (OTC) dapat digunakan untuk mengobati mual yang berhubungan dengan vertigo atau pusing. Mereka termasuk dimenhydrinate dan meclizine hydrochloride. 

Jika kamu mengonsumsi obat resep lain, bicarakan dengan dokter sebelum menggunakan antiemetik OTC.

Obat antinausea resep seperti metoclopramide (Reglan) juga dapat digunakan untuk mengobati kasus mual yang lebih parah yang berhubungan dengan migrain. Metoclopramide dapat dikonsumsi secara oral atau dalam bentuk pil. Itu juga bisa diberikan secara intravena.
 

Kapan harus ke dokter


Bicaralah dengan dokter tentang perawatan yang tepat jika kamu merasa mengalami vertigo atau mual saat migrain terjadi. Mereka dapat membantu kamu menyusun rencana perawatan untuk mengelola gejala.

(TIN)