FITNESS & HEALTH

Tes Efektivitas Maskermu dengan Cara Ini

Raka Lestari
Jumat 27 November 2020 / 14:39
Jakarta: Membuat masker sendiri atau membeli masker yang terbuat dari kain merupakan cara yang terbaik untuk mencegah penyebaran covid-19 ini. Pasalnya, penggunaan masker medis saat ini, diutamakan untuk para tenaga medis, yang melakukan kontak langsung dengan pasien-pasien terinfeksi covid-19.

Namun, bagaimana cara mengetahui masker kain yang kamu pakai efektif dalam mencegah penularan covid-19?

Simon Kolstoe, dosen senior di Evidence Based Healthcare di University of Portsmouth, memberitahu beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui, apakah masker yang digunakan bisa mencegah virus terhirup atau tidak. Berikut caranya:
 

1. Tes vape


Ada banyak video yang beredar di dunia maya yang menunjukkan orang-orang menggunakan vape melalui masker yang digunakan. Dan pada video yang beredar tersebut, uap dari vape tersebut cenderung tidak menyebar ketika kamu menggunakan masker.

“Jika kamu atau seseorang yang kamu kenal menggunakan vape, cobalah untuk mengetahui sejauh apa uap menyebar ketika sedang menggunakan vape. Hal tersebut dapat membantu kamu untuk menentukan apakah masker yang digunakan bisa mencegah virus dengan baik atau tidak,” ujar Simon.
 

2. Tes lilin


Jika kamu tidak ingin menggunakan vape, ada cara sederhana yang bisa dilakukan. Simon menyarankan untuk menyalakan lilin dan menaruhnya di depan meja ketika kamu menggunakan masker.

“Pertama-tama, jaga jarak dengan lilin yang dinyalakan kemudian cobalah kamu meniupnya. Kamu bisa mencoba dengan beberapa jenis bahan masker untuk mengetahui kekuatan setiap masker. Ketika kamu meniupnya dan lilin mati, itulah masker yang paling efektif untuk digunakan,” kata Simon.

Terlepas dari kedua tes tersebut, Simon mengatakan bahwa cara paling efektif untuk mencegah diri dari paparan virus adalah dengan menghindari tempat ramai, tidak menyentuh wajah dan mencuci tangan secara rutin.

Bahkan pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun.
(FIR)