FITNESS & HEALTH

Tanda Fisik dan Mental Pria yang Alami Depresi

Kumara Anggita
Senin 12 April 2021 / 08:00
Jakarta: Baik pria maupun wanita sama-sama bisa mengalami depresi dalam hidup mereka. Depresi adalah suatu kondisi serius yang memengaruhi cara seseorang berpikir, merasakan, dan bertindak.

Menurut data Centers for Disease Control and Prevention (CDC), wanita tampaknya mengalami depresi pada tingkat yang lebih tinggi daripada pria. Namun, ada anggapan bahwa datanya bisa demikian karena pria mungkin kurang terwakilkan.

Mengutip dari healthline, ini mungkin karena campuran faktor sosial dan biologis yang membuatnya lebih sulit untuk diperhatikan dan terdiagnosis. Hal ini membuat pria bisa mengalami gejala berbeda dan terkadang lebih sulit dikenali.
 

Gejala fisik depresi pada pria


Ada beberapa gejala fisik yang umum muncul pada pria yang depresi seperti

- sesak dada
- masalah pencernaan seperti gas, diare, dan sembelit
- disfungsi ereksi dan masalah seksual lainnya
- sakit kepala
- masalah hormonal seperti testosteron rendah
- jantung berdebar kencang, atau jantung berdebar-debar
- penurunan berat badan yang tidak disengaja (dan terkadang penambahan berat badan)
 

Gejala depresi mental yang dialami pria


Gejala depresi mental mungkin muncul secara berbeda pada pria daripada perempuan. Ini  dapat membuat depresi lebih sulit untuk dideteksi.

Gejala-gejala ini dapat mengganggu cara seseorang berpikir dan memproses informasi, memengaruhi perilaku dan emosi. Beberapa gejala depresi mental yang paling umum pada pria meliputi:

- ketidakmampuan untuk berkonsentrasi
- masalah memori
- pola pikir obsesif-kompulsif
- masalah tidur, biasanya sulit tidur atau tertidur
- pikiran untuk bunuh diri
 

Kapan mencari bantuan


Jika kamu mengalami satu atau lebih gejala depresi di atas hingga dan gejala tersebut juga telah mengganggu kehidupan kamu sehari-hari, pertimbangkan untuk menjadwalkan janji bertemu dengan konselor kesehatan mental atau psikolog.

(TIN)