FITNESS & HEALTH

Bahan yang Harus Dihindari saat Membuat Scrub Rumahan

Kumara Anggita
Sabtu 24 Oktober 2020 / 17:06
Jakarta: Scrub adalah salah satu bentuk perawatan yang banyak diminati orang. Ada yang beli bahan scrub jadi dan ada pula yang buat sendiri di rumah.

Namun, perlu diingat bahwa membuat scrub di rumah ada aturannya. Pastikan Kamu menggunakan bahan yang aman untuk kulit Kamu.

Dikutip dari Healthline, karena kulit wajah Kamu lebih sensitif dan halus daripada kulit tubuh Kamu, scrub harus mengandung partikel yang lebih halus daripada lulur tubuh. Misalnya, scrub gula adalah scrub yang populer namun ini juga terlalu keras untuk wajah Kamu. Hal yang sama berlaku untuk garam laut, kulit kacang, dan bubuk kopi. Partikel ini biasanya terlalu kasar untuk kulit wajah.

Menggunakan bahan yang terlalu kasar untuk kulit Kamu dapat menyebabkan kulit menjadi merah dan iritasi. Dalam beberapa kasus, partikel kasar bahkan dapat menggores atau merusak kulit.
 

Lalu bahan apa yang bagus untuk scrub?



Untuk mencegah iritasi atau goresan kulit, Anda sebaiknya menggunakan eksfoliator ringan dengan partikel yang lebih kecil dan lebih halus. Beberapa opsi termasuk:

- Oatmeal organik yang digiling sangat halus

- Kayu manis

- Beras giling

- Soda kue, dalam jumlah kecil

Bahan-bahan di atas  adalah eksfoliator fisik. Itu berarti Kamu perlu menggosok atau menggosok kulit Anda dengan bahan-bahan ini agar bisa bekerja.

Selain eksfoliator fisik, ada juga opsi untuk menggunakan eksfoliator kimiawi. Jenis bahan ini menggunakan bahan kimia dan enzim alami untuk mengangkat sel kulit mati dan memperbarui kulit Anda. 

Beberapa jenis bahan eksfoliator kimiawi yang dapat Anda gunakan dalam scrub wajah DIY antara lain:

- Susu dan yogurt, yang mengandung asam laktat

- Apel, yang mengandung asam malat

- Nanas, kaya akan vitamin C dan asam sitrat

- Mangga, kaya akan vitamin A.

Selain bahan-bahan tersebut, Anda juga membutuhkan hal lain seperti:

- Minyak carrier (pembawa) yang memungkinkan pencampuran dan pelembab, seperti minyak jojoba, kelapa, atau almond

- Penggiling kopi atau food processor jika Anda menggunakan oatmeal

- Sendok takar atau gelas takar

- Mangkuk pengadukan

- Sendok pencampur

Minyak esensial, jika diinginkan

Anda juga perlu membeli wadah kedap udara yang bisa Anda tutup. Ini memungkinkan Anda untuk menyimpan scrub dan menggunakannya lagi di kemudian hari. Selamat mencoba!
(YDH)