FITNESS & HEALTH

Olahraga yang Aman untuk Perempuan Usia 50-an

Kumara Anggita
Kamis 08 April 2021 / 08:13
Jakarta: Walaupun kamu sudah berusia 50-an, kamu tetap perlu untuk melakukan aktivitas fisik. Menurut Dokter, ini bisa membantumu untuk tetap sehat, khusunya untuk bagian tulang. 

Dr. Bagus Putu Putra Suryana, SpPD-KR, Ketua Umum Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (PEROSI) menyebutkan bahwa saat kamu melakukan aktivitas fisik atau berolahraga, jantung akan terpacu untuk membawa oksigen dan nutrisi, serta meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk ke sendi dan tulang. 

Apabila sirkulasi darah lancar, maka pembagian oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh lebih optimal dan memengaruhi kesehatan secara menyeluruh. Ia menganjurkan aktivitas fisik ini dikakukan justru pada perempuan yang berusia 50-an

“Perempuan usia 50 tahun memang usia yang sangat penting pada perempuan. Ini belum masuk usia lansia tapi pada usia 45-50 itu mulai terjadi perubahan siklus hormonal yang disebut sebagai perimenopause dimana mulai hormonnya mulai turun,” ungkapnya dalam media briefing dengan tema Investasi pada Tulang, Sendi dan Otot Penting untuk Kesehatan Menyeluruh oleh Anlene.

“Pada masa-masa itulah tulang mengalami penurunan kepadatan paling cepat, tanpa gejala. Oleh karena itu, aktivitas fisik pada usia ini penting sekali,” lanjutnya. 

Kunci dari aktivitas fisik ini adalah melakukannya dengan rutin dan aman. Kamu tidak perlu berolahraga berlebihan di usia ini. 

“Prinsipnya adalah harus teratur, frekuensinya yang teratur juga dan cukup, dianjurkan olahraga yang tidak menimbulkan hentakan pada sendi dan tulang,” ungkapnya. “Cobalah jogging, senam, jalan-jalan,” sarannya. 
(TIN)