FITNESS & HEALTH

10 Tanda Gangguan Kecemasan Umum

Kumara Anggita
Minggu 20 Juni 2021 / 09:00
Jakarta: Kecemasan itu tipenya beragam, salah satu diantaranya adalah Gangguan Kecemasan Umum atau Generalized Anxiety Disorder (GAD). Ini adalah kondisi ketika kamu khawatir pada banyak hal atau sitasi umum. Terkadang, ini juga dikenal sebagai neurosis kecemasan kronis.

Dikutip dari Healthline, GAD berbeda dari perasaan cemas yang normal. Kamu yang memiliki GAD mungkin khawatir tak terkendali tentang beberapa hal misalnya seperti keuangan beberapa kali per hari selama berbulan-bulan. Ini bisa terjadi bahkan ketika tidak ada alasan untuk khawatir. 

Terkadang kamu dengan kondisi ini juga hanya merasa khawatir, tetapi kamu tidak dapat mengatakan apa yang sebenarnya dikhawatirkan. Kamu mungkin melaporkan perasaan bahwa sesuatu yang buruk mungkin kamu  tidak bisa menenangkan diri. 


cemas
(Gangguan Kecemasan Umum atau Generalized Anxiety Disorder (GAD). Ini adalah kondisi ketika kamu khawatir pada banyak hal atau sitasi umum. Dan salah satu gejalanya adalah sulit tidur. Foto: Ilustrasi/Freepik.com)
 

Gejala gangguan kecemasan umum


Gejalanya beragam, beberapa yang sering dilaporkan antara lain:

1. Kesulitan berkonsentrasi
2. Sulit tidur
3. Sifat lekas marah
4. Kelelahan dan kelelahan
5. Ketegangan otot
6. Sakit perut atau diare berulang
7. Telapak tangan berkeringat
8. Gemetar
9. Detak jantung cepat
10. Gejala neurologis, seperti mati rasa atau kesemutan di berbagai bagian tubuh

GAD bisa diatasi dengan terapi perilaku kognitif, obat-obatan, dan perubahan gaya hidup. Mengenali GAD adalah langkah awal. Bila kamu merasa bahwa kamu tampaknya memiliki masalah ini, kamu perlu untuk bertemu dengan profesional. Jangan mendiagnosis sendiri ya!

(TIN)