FITNESS & HEALTH

Kasus Covid-19 Makin Tinggi, Ini 5 Tips Meningkatkan Imun Tubuh Anak

Yuni Yuli Yanti
Senin 17 Januari 2022 / 09:00
Jakarta: Kementerian Kesehatan melaporkan jumlah kasus covid-19 di DKI Jakarta bertambah 720 kasus per Sabtu, 15 Januari 2022. Bahkan, 15 sekolah di DKI Jakarta ditutup sementara sambil menerapkan tracing dan testing, karena sebanyak 16 siswa dan 3 guru dinyatakan positif Covid-19. Meskipun, belum terkonfirmasi terjangkit Omicron atau varian Covid-19 lainnya. 

Dengan meningkatnya kembali kasus Covid-19 terutama di lingkungan sekolah, tentunya para orang tua perlu memberikan banyak perhatian untuk membangun kekebalan tubuh sang buah hati.

Melansir dari HealthShots, berikut lima hal yang bisa kamu lakukan, seperti:
 

Tingkatkan asupan vitamin

Makanan seimbang yang terdiri dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan gandum utuh adalah suatu keharusan untuk meningkatkan imunitas anak. Seperti vitamin C dalam jeruk dapat meningkatkan kekebalan dan berfungsi sebagai penghalang terhadap infeksi. 

Sementara, sayuran berdaun hijau adalah sumber zat besi terbaik. Probiotik juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan menjaga semuanya berjalan lancar. Mereka harus dikonsumsi dalam bentuk yogurt atau dadih buatan sendiri. Jumlah vitamin E, seng, dan asam lemak omega 3 yang terdapat dalam kenari, almond, serta hazelnut juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Menghirup udara segar

Selama pandemi anak-anak terlalu lama berada di dalam rumah, sehingga berdampak buruk pada kesejahteraan fisik mereka. Aktivitas fisik dan olahraga juga penting untuk kebugaran anak secara keseluruhan. Ini juga memainkan peran penting dalam memperkuat kekebalan. 

Selain itu, anak-anak juga harus sering bermain di luar bila memungkinkan untuk mencari udara segar dan vitamin D. Namun, pastikan ketika bermain mereka tidak berada di kerumunan atau tempat yang ramai.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Minum banyak air

Anak-anak sering lupa minum air, sehingga orang tua harus memastikan kebutuhan cairan mereka dengan sering mengingatkannya. Minum cukup air dapat membantu mengatur sirkulasi darah, mendukung metabolisme dan memfasilitasi penghapusan zat berbahaya serta racun dari tubuh. 

Selain itu, selama musim dingin, berada di dalam ruangan dengan pemanas ruangan dapat mengurangi kelembapan di dalam ruangan. Hal ini menyebabkan saluran pernapasan menjadi kering dan teriritasi. Sehingga, meningkatkan risiko infeksi saluran pernapasan atas. Risiko ini juga dapat dikurangi dengan minum cukup air dan menjaga si kecil tetap terhidrasi setiap saat.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Tetapkan jadwal tidur

Orang tua harus memastikan bahwa anak mereka mengikuti rutinitas yang sehat termasuk memiliki tidur yang cukup dan aktivitas fisik yang tepat. Seorang anak membutuhkan setidaknya 8 hingga 10 jam tidur. Hal ini penting untuk kesehatan mental dan fisik mereka karena memungkinkan pikiran untuk lebih rileks. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Jaga kebersihan dengan baik

Semua kuman termasuk virus corona mudah menular sebagai akibat dari kebersihan yang buruk dan kontak dengan orang atau benda lain melalui sekresi mulut dan hidung. Anak-anak juga lebih mungkin tertular virus dari sentuhan terus-menerus pada mulut atau hidung mereka. 

Oleh karena itu, orang tua harus memberikan perhatian khusus pada kebersihan anak  sebelum dan sesudah makan, setelah memegang hewan peliharaan, setelah bersin, setelah menggunakan kamar mandi, dan setelah tiba di rumah dari sekolah. Pastikan juga mereka mencuci tangan dengan sabun setidaknya selama 15 hingga 30 detik dan mandi setiap hari setelah melakukan aktivitas di luar ruangan.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Ingat, orang tua harus memastikan anak-anak mereka mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Kita telah dilanda gelombang ketiga pandemi. Maka, kita harus mengambil tindakan pencegahan terbaik untuk memastikan keamanan untuk diri sendiri dan anak-anak tentunya. 
(yyy)