FITNESS & HEALTH

7 Perubahan Gaya Hidup yang Sangat Berpengaruh bagi Penderita Diabetes

Sandra Odilifia
Kamis 15 April 2021 / 10:33
Jakarta: Membuat perubahan gaya hidup sangat penting bagi orang yang menderita diabetes. Berolahraga, makan sehat, menjaga berat badan, tidur tepat waktu adalah beberapa hal penting yang harus dilakukan seseorang setelah didiagnosis diabetes tipe 1 atau tipe 2.

Selain itu, berikut adalah beberapa perubahan penting yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan dirimu dari diabetes:
 

1. Pantau kadar gula darah


Selalu pantau kadar gula darah sehingga kamu dapat mengambil tindakan yang sesuai untuk mengendalikannya. Kamu harus sering-sering menguji kadar gula darah tergantung pada kondisimu.
 

2. Pemeriksaan mata rutin


Kadar gula darah yang tidak terkontontrol juga dapat menyebabkan kebutaan dan masalah terkait penglihatan lainnya. Untuk mencegah segala jenis kerusakan mata, lakukan pemeriksaan rutin.
 

3. Jaga ginjal tetap sehat


Kadar gula darah yang tinggi dapat memengaruhi ginjal dan membuatnya bekerja lebih keras. Jika tak diperhatikan, seiring waktu hal ini dapat menyebabkan penyakit ginjal dan gagal ginjal.
 

4. Tambahkan serat ke dalam makananmu


Penderita diabetes harus makan lebih sedikit karbohidrat dan lebih banyak serat untuk memperlambat penyerapan karbohidrat serta menjaga tingkat gula darah. Seorang pasien diabetes harus makan 50 gram serat dalam sehari.
 

5. Lakukan vaksinasi flu biasa


Setiap infeksi dapat menjadi serius pada pasien diabetes. Maka itu, penting untuk mendapatkan semua vaksin tepat waktu untuk mencegah komplikasi, termasuk suntikan flu.
 

6. Waspadai makanan yang dapat meningkatkan kadar gula


Waspadai makanan yang bisa langsung meningkatkan kadar gula darah. Makanan seperti pisang dan yogurt dapat dengan cepat meningkatkan kadar gula darah.
 

7. Jaga kakimu


Saat menderita diabetes, kamu perlu merawat kaki dengan baik, karena sekitar 15 persen pasien diabetes menderita tukak kaki diabetik.
(FIR)