FITNESS & HEALTH

Jenis-jenis Minyak yang Berfungsi sebagai Pelembap

Kumara Anggita
Senin 26 Oktober 2020 / 15:40
Jakarta: Kulit yang lembap adalah salah satu cara untuk membuat kulitmu sehat. Kelembapan ini bisa didapatkan melalui produk yang dijual di pasaran atau bahkan dari minyak natural.

Berikut ini beberapa minyak yang bisa kamu gunakan untuk melembapkan kulit antara lain:

1. Minyak kelapa


Dokter kulit, Beth Goldstein mengatakan bahwa produk hidrasi dan perbaikan kelembapan dapat membantu. Dan, minyak kelapa adalah salah satu bahan yang membantu kulit mempertahankan kelembapan tersebut.

"Minyak kelapa dapat membantu mengatasi retakan dan kehilangan air di lapisan atas kulit dengan menyediakan lipid lemak esensial," kata Goldstein.

“Lipid ini meningkatkan fungsi pelindung kulit, sehingga kulit terasa kenyal dan terhidrasi,” lanjutnya.
 

2. Minyak zaitun


Salah satu minyak yang paling terkenal adalah minyak zaitun extra-virgin. Antioksidan ini juga dikenal sebagai senyawa fenolik. Ketika dioleskan ke kulit, mereka menunjukkan sifat anti-inflamasi dan dapat membantu mengurangi kerusakan oksidatif.
 

3. Minyak biji bunga matahari


Minyak biji bunga matahari adalah minyak alami lain yang perlu dijadikan pertimbangan juga. Sebuah review penelitian pada 2019 menunjukkan bahwa, minyak ini mengandung kandungan asam linoleat yang lebih tinggi daripada minyak zaitun. Tinjauan tersebut mencatat bahwa, minyak tersebut itu bisa sangat melembapkan kulit orang dewasa tanpa menyebabkan iritasi.
 

4. Minyak jojoba


Minyak jojoba juga dikemas dengan manfaat pelembap. Minyak ini mengandung banyak ester lilin (asam lemak dan alkohol lemak) yang dapat menenangkan dan mengobati kondisi yang melibatkan perubahan pelindung kulit, termasuk dermatitis seboroik dan jerawat.
(FIR)