FITNESS & HEALTH

Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan, Mulai dari Mencegah Obesitas Sampai DIabetes

Raka Lestari
Selasa 23 Februari 2021 / 16:07
Jakarta: Untuk mendapatkan tubuh yang fit dan sehat, kamu perlu aktif secara fisik. Aktivitas fisik regular bisa melindungi tubuh dari beberapa penyakit serius seperti obesitas, penyakit jantung, kanker, gangguan mental, diabtes dan arthritis.

Bersepeda merupakan salah satu cara terbaik untuk mengurangi masalah kesehatan yang berkaitan dengan gaya hidup yang kurang gerak. Dilansir dari Better Health, berikut ini adalah beberapa manfaat dari bersepeda yang dikaitkan dengan beberapa penyakit tertentu:
 

1. Obesitas dan kontrol berat badan


Bersepeda merupakan salah satu cara untuk mengontrol atau mengurangi berat badan, dengan meningkatkan metabolisme, membantuk otot dan membakar lemak tubuh. Jika kamu ingin menurunkan berat badan, kamu harus mengombinasikan bersepeda dengan rencana makan sehat. Bersepeda juga merupakan olahraga yang nyaman dan kamu bisa menyesuaikan kemampuan dengan tingkat kesulitan bersepeda.
 

2. Penyakit kardiovaskular


Penyakit kardiovaskular di antaranya adalah stroke, tekanan darah tinggi, dan serangan jantung. Melakukan bersepeda secara rutin dapat meningkatkan sirkulasi jantung dan paru, kesehatan jantung dan paru, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Bersepeda dapat memperkuat otot jantung, menurunkan resting pulse, dan mengurangi tingkat lemak darah.
 

3. Diabetes


Peningkatan jumlah pasien diabetes tipe 2 merupakan salah satu permasalahan kesehatan yang cukup serius. Kurangnya aktivitas fisik dianggap menjadi alasan utama mengapa orang mengembangkan kondisi ini. Penelitian berskala besar di Finlandia menemukan bahwa orang yang bersepeda lebih dari 30 menit per hari memiliki risiko 40 persen lebih rendah terkena diabetes.
 

4. Cedera pada tulang dan arthritis


Bersepeda meningkatkan kekuatan, keseimbangan dan koordinasi. Bersepeda juga dapat mencegah terjatuh dan menyebabkan parah tulang. Dan bersepeda adalah bentuk olahraga yang ideal jika kamu mengalami osteoarthritis, karena bersepeda merupakan olahraga low-impact yang cukup aman untuk persendian.
 

5. Gangguan kesehatan mental


Gangguan pada kesehatan mental seperti depresi, stres, dan kecemasan dapat dikurangi dengan secara rutin bersepeda. Hal ini karena efek positif dari olahraga itu sendiri dan karena perasaan senang yang ditimbulkan saat bersepeda dapat memberikan efek positif pada orang yang mengalami gangguan kesehatan mental.
(FIR)