FITNESS & HEALTH

Yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi

Kumara Anggita
Kamis 12 November 2020 / 10:05
Jakarta: Keadaan pandemi covid-19 adalah salah satu pemicu stres. Bila dibiarkan ini akan menumpuk dan membuat masalah mental yang lebih besar.

Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan beberapa hal sederhana seperti:
 

Pergi ke luar


Dikutip dari Midland Health, udara segar bermanfaat bagi kesehatan mental kamu  dan dapat menjadi distraksi yang positif. Bekerja di luar ruangan memberikan tingkat oksigen yang lebih baik, meningkatkan aliran darah, dan mempertajam pikiran.
 

Hindari menonton berita


Meskipun penting untuk tetap mendapat informasi, menonton pembaruan berita siang dan malam dari TV, koran, maupun media sosial tidak mendukung pikiran yang sehat. Jika kamu bersikeras untuk mengetahui keadaan terkini, izinkan diri kamu menyimak satu siaran berita atau membaca pembaruan dari satu outlet media setiap hari saja. 

Lebih baik lagi, batasi diri kamu beberapa kali seminggu. Keluarga dan teman kamu akan memberi tahu jika kamu melewatkan sesuatu yang penting.
 

Makan untuk meningkatkan mood 


Studi baru di bidang Psikiatri Gizi memperkuat hubungan antara nutrisi dan kesehatan mental. Usus kamu adalah tempat 95% serotonin tubuh kamu dibuat, yang juga dikenal sebagai hormon bahagia. Ketika kamu memberi makan tubuh kamu makanan yang sehat, serotonin membuat suasana hati kamu jadi meningkat.

Sementara kekurangan neurotransmitter sendiri dapat dikaitkan dengan kecemasan, depresi, dan mudah tersinggung. Cobalah untuk menghindari makanan olahan dan tetap berpegang pada makanan utuh, termasuk daging tanpa lemak dan makanan kaya serat. 
 

Tidur yang cukup


Apakah kamu mendapatkan 6-8 jam malam sekarang? perlu diingat bahwa kualitas tidur berdampak langsung pada kesehatan fisik dan mental kamu, termasuk temperamen dan kemampuan kamu untuk fokus.

Sangat penting bagi kamu untuk memberikan waktu yang cukup bagi tubuh dan pikiran untuk beristirahat setiap malam. Jika mematikan pikiran di malam hari merupakan tantangan, cobalah teknik pernapasan atau meditasi sebelum tidur. Dan jauhkan semua layar dari kamar tidur.
 

Temukan distraksi positif


Temukan sesuatu yang mendorong rasa diri yang positif selama masa yang menantang ini. Atur ruangan di rumah kamu, selesaikan proyek renovasi rumah atau relakan waktu kamu secara online ke organisasi yang bermanfaat. Pastikan kamu tetap aktif setiap hari, bahkan saat berjalan-jalan singkat dengan anjing kamu atau bermain dengan anak .

Dan bila memungkinkan, aktiflah di luar ruangan. Cobalah untuk mengalihkan pikiran kamu dari keadaan dunia saat ini pada setiap kesempatan dengan hal-hal yang membuat pikiran dan hati kamu bahagia. Ini sangat penting saat bekerja dari rumah, karena kamu  mungkin cenderung bekerja lebih banyak daripada hari kerja biasa.
(YDH)