FITNESS & HEALTH

Perlunya Minum Banyak Air Seiring Bertambahanya Umur

Kumara Anggita
Minggu 11 Oktober 2020 / 11:00
Jakarta: Tak dipungkiri bahwa air sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Bahkan 50-60 persen berat badan kita berisi air.

Mencukupi tubuh dengan minum air putih sangat baik karena bermanfaat antara lain untuk menjaga suhu tubuh, mengangkut nutrisi, membantu proses pencernaan, melumasi organ tubuh, menghindari tubuh dari dehidrasi, dan banyak lagi yang lainnya.

Dan mengonsumsi air minum yang cukup adalah keharusan. Dan semakin bertambahnya umur, baiknya kamu lebih perbanyak lagi jumlah minum air putih ini. Kenapa demikian ya?

Dikutip dari Healthline, para peneliti dari University of Ottawa menunjukkan bahwa hidrasi adalah kunci dalam mengatur suhu tubuh dan membantu melawan sejumlah masalah kesehatan lainnya. 

Dari penelitian tersebut, orang tua yang berolahraga dianggap kurang bisa menyesuaikan laju kehilangan keringat seperti orang yang lebih muda.

Hal ini menyebabkan ketegangan yang lebih besar pada jantung, yang dibuktikan dengan peningkatan detak jantung yang lebih nyata pada orang tua.

“Ini adalah studi yang menarik, karena memberikan wawasan baru tentang perubahan mendasar terkait usia pada fisiologi kita,” kata Dr Scott A. Kaiser, ahli geriatri di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California.

Ia melanjutkan bahwa mereka saat ini masih memelajari hal-hal mendasar tentang cara tubuh manusia berubah seiring bertambahnya usia. Jadi, jangan lupa untuk selalu terhidrasi. Perbanyak minum kamu dari sebelumnya ya.
(TIN)