FITNESS & HEALTH

4 Aktivitas yang Bisa Dilakukan selama Pandemi Covid-19

Raka Lestari
Jumat 20 November 2020 / 10:55
Jakarta: Banyak orang yang sudah mulai mengalami kejenuhan untuk berdiam diri di rumah selama masa pandemi covid-19 ini. Memang, cara paling terbaik untuk menghindari penularan covid-19 adalah dengan sebisa mungkin tetap berada di rumah.

Akan tetapi, jika kamu ingin melakukan aktivitas, berikut ini adalah beberapa aktivitas yang dianggap aman pada masa pandemi:
 

1. Makan di restoran secara outdoor


Sesekali makan di restoran mungkin masih bisa dilakukan, tetapi usahakan memilih restoran yang berada di luar ruangan atau outdoor dengan jarak yang berjauhan dari pengunjung lain.

Linsey Marr, seorang ahli covid-19 dari Virginia Tech mengatakan bahwa, aman untuk mengunjungi tempat makan di luar ruangan, yang memiliki sirkulasi udara yang baik.
 

2. Pergi ke alam bebas


Berdasarkan artikel yang diterbitkan pada Juni lalu di jurnal medis JAMA, kegiatan berlari, bersepeda, dan berkemah merupakan kegiatan yang berisiko rendah. Sebab membutuhkan area yang luas dan tidak memerlukan kontak dekat, serta cenderung mudah untuk melakukan social distancing.
 

3. Melakukan piknik


Jika kamu ingin bertemu dengan teman-teman atau kerabat, bisa mempertimbangkan untuk melakukan kegiatan piknik. Menurut ketua kesehatan kota New York, Mark Levine, selama menjaga jarak sekitar 1 – 2 meter dengan orang lain, menggunakan masker, tidak berkumpul dalam jumlah banyak, dan tidak saling berbagi makanan maka masih tergolong aman.
 

4. Membeli makanan secara takeout


Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), pada masa pandemi cara paling aman untuk makan di luar rumah adalah dengan sistem takeout atau delivery.

"Selain meminimalkan kontak fisik, cara tersebut cenderung aman karena virus cenderung dapat menyebar melalui makanan," ujar Dr William Schaffner, seorang ahli penyakit menular di Vanderbilt University.
(FIR)