FITNESS & HEALTH

5 Tips Antilemas Saat Puasa

Kumara Anggita
Jumat 16 April 2021 / 08:00
Jakarta: Berpuasa memang bisa membuat kamu lemas karena beberapa jam menahan lapar dan haus hingga waktunya berbuka puasa tiba. Tapi jangan sampai dua hal tersebut membuat kamu batal ya di tengah-tengah hari, karena sesungguhnya ada banyak tips untuk menjagamu tetap bugar menjalankan kewajiban. 

Dion Haryadi seorang dokter yang juga kreator yang aktif di TikTok memberikan berbagai tips yang mungkin dapat kamu terapkan. Yuk, simak tips dari pemilik akun @dionharyadi ini:
 

1. Ciptakan kebiasaan baik


Menurut dokter asal Batam ini, bulan puasa adalah waktu yang tepat membangun kebiasaan baik, dengan target yang jelas dan perencanaan yang matang. Contohnya, kurangi konsumsi minuman manis dimulai dengan menurunkan frekuensi minumnya dari kali per hari, jadi dua kali per minggu.
 

2. Hindari berbuka puasa dengan makanan berat


Dengan menjalankan puasa, frekuensi makan kamu akan otomatis berkurang, begitu pun kalori yang masuk ke tubuh akan berkurang dan berat badan pun bisa turun. 

Tapi yang sering terjadi, saat berbuka, kamu langsung makan berat dan banyak. Ia menyarankan untuk cukup minum air putih dan buah yang tinggi serat serta gula seperti kurma untuk mengembalikan kadar gula darah.
 

3. Atur porsi makanan demi gizi seimbang


Untuk mendapatkan gizi seimbang yang juga mengenyangkan, bagi piring jadi enam bagian, dua bagian untuk karbohidrat, satu bagian untuk sumber protein seperti daging, ikan, ayam, dan lainnya. 
 

4. Pilih menu sahur 


Saat sahur sebaiknya tidak makan menu dengan glycemic index atau kadar gula yang terlalu tinggi, sehingga saat berpuasa nanti penurunan kadar gulanya tidak menurun terlalu drastis. 

Caranya adalah menggabungkan makanan dengan glycemic index yang tinggi seperti nasi putih, dengan yang glycemic index rendah seperti daging dan sayuran.
 

5. Jangan mager!


Di tengah pandemi covid-19 ini, kamu malah justru harus lebih memerhatikan aktivitas fisik, meskipun hanya berjalan-jalan di dalam rumah ataupun membersihkan kamar. 

Ia menyarankan waktu yang tepat untuk berolahraga adalah 30 menit sebelum buka puasa, atau 2-3 jam setelah berbuka dengan makanan berat. Tapi tidak perlu olahraga yang berat, cukup yang berintensitas rendah dan sesuai dengan kemampuan masing-masing. 

Dokter dengan 418.9K Followers ini mengaku telah memanfaatkan TikTok untuk membagikan konten kesehatan dan pola hidup sehat selama beberapa tahun ini. 

“Saat ini, orang lebih menyukai konten yang singkat. Saya lihat TikTok memanfaatkan kondisi ini dengan menghadirkan editing tools yang lengkap, sehingga saya bisa membuat konten menarik dengan mudah dan sederhana," kata dokter berkacamata ini.

"Hal ini juga mendukung saya untuk menyebarkan hal-hal positif, salah satunya tips menjaga kesehatan di bulan puasa ini,” pungkas dr. Dion.
(TIN)